Sukses

Jerawat dan bekasnya saat Dewasa

04 Dec 2020, 12:22 WIB
Pria, 28 tahun.

Assalamualaikum dokter, saya mengalami masalah dengan jerawat. Sejak usia remaja wajah saya sering berjerawat, bahkan sampai sekarang usia saya 30 tahun dan punya anak masih tetap jerawatan. Bahkan bekas jerawatnya juga banyak, padahal sudah banyak produk yang saya coba untuk mengatasinya. Mohon petunjuk dokter agar jerawat saya bisa sembuh, dan bekasnya hilang. Terimakasih.

Terima kasih telah bertanya seputar jerawat dan bekasnya melalui fitur Tanya Dokter.

Meski cenderung banyak menyerang remaja, faktanya, sebagian orang dewasa masih mengalami jerawatan hingga usia 30, 40, bahkan 50 tahun. Hal ini disebut dengan istilah “adult-onset acne” atau jerawat yang muncul pada usia dewasa.

Kondisi ini sering kali terjadi ketika wanita mengalami menopause. Wanita lebih cenderung mengalami adult-onset acne dibandingkan pria.

Beberapa hal penyebab jerawatan pada orang dewasa adalah:

  • Kadar hormon yang fluktuatif atau naik turun. Hal ini terutama didapatkan pada wanita yang dalam kondisi hormon naik-turun. Misalnya, wanita yang sedang menstruasi, sebelum hamil, sebelum menopause, dan saat menopause, serta setelah memulai atau berhenti menggunakan pil KB.
  • Stres. Ada hubungan antara stress serta munculnya serangan jerawat. Ketika stres, tubuh akan memproduksi hormon androgen yang memicu kelenjar minyak dan folikel rambut sehingga muncullah jerawat.
  • Riwayat keluarga. Jika Anda memiliki keluarga yang membawa gen mudah terkena jerawat, kemungkinan besar Anda pun akan mengalami adult-onset acne.
  • Produk rambut dan kulit. Jika Anda mengalami adult-onset acne, pastikan terdapat beberapa keterangan di bawah ini, terutama pada produk pelembap, pembersih, serta tabir surya. Tujuannya untuk menurunkan kesempatan jerawat muncul.
  1. Non-komedogenik
  2. Non-acnegenic
  3. Oil free (bebas minyak)
  4. Tidak akan menyumbat pori-pori
  • Efek samping obat. Jika Anda mencurigai salah satu obat yang Anda konsumsi rutin menyebabkan timbulnya jerawat, konsultasikan kepada dokter Anda yang memberikan. Selanjutnya, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter kulit bagaimana menangani jerawat yang Anda alami.
  • Kondisi medis yang tidak diketahui. Terkadang, jerawat merupakan tanda dari masalah kesehatan lain. Ketika penyakitnya diketahui, jerawat pun akan hilang. Konsultasikan juga kepada dokterjika Anda tiba-tiba mengalami jerawat yang tidak dialami biasanya.

Berikut kami sertakan artikel lain sebagai bahan bacaan anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar