Sukses

Seputar Keloid

04 Dec 2020, 11:10 WIB
Pria, 19 tahun.

Hallo dok,,, saya mau tany, saya umur 19 thn saya punya benjolan di telinga bekas di tindik.tindikannya agak besar dan saat menindiknya tidak higenis karna saya melakukannya sendiri dan memperbesar lubang tindikannya dengan cara memakai sedotan yang di potong potong,dan saat masih belum kering atau masih bengkak saya memutuskan untuk tidak memakai tindik lagi,saat proses pengecilan lubang atau penyembuhan terasa gatal dan sering mengelupas bagian yang kering dan saya juga sering iseng memaikan telinga seperti memasukan batang korek api kelubang yang belum sembuh,,,,dan sekarang kurang lebih dari waktu itu sudah hampir kurang lebih 3/4 taun yang lalu dan texture dari benjolannya agak lembek tapi ada juga bagian yang agak padat tapi ketika sering di sentuh suka jadi agak padat seteleh itu lembek kembali dan juga tidak terasa sakit,dan saya pernah melakukan pengobatan dengan cara mengoleskan bawang putih dan malah terjadi seperti terbakar,,bagaimanakan cara pengananan yang benar untuk menghilangkan benjolan tersebut?apakah perlu operasi?jika iya saya harus konsultasi kemana?

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan melalui Klikdokter.com 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan, keluhan Anda kemungkinan keloid. 

Keloid merupakan jaringan parut yang tumbuh berlebihan karena proses penyembuhan yang berlebihan dan tidak juga mengecil seiring perjalanan waktu.

Keloid tumbuh melebihi garis luka pada kulit dan biasanya timbul setelah 3 bulan bahkan sampai tahunan setelah terbentuknya luka.

Biasanya keloid tumbuh di daerah lengan atas, dada, punggung, cuping telinga, pipi dan anggota gerak. 

Hingga saat ini, keloid merupakan masalah kulit yang paling pelik hal ini disebabkan karena keloid merupakan kelainan yang sering kambuh kembali meskipun telah berhasil dihilangkan.

Penanganan keloid harus disesuaikan dengan ukuran keloid itu sendiri. Keloid yang berukuran kecil biasanya cukup ditangani dengan krioterapi (bedah beku). Keloid yang berukuran sedang biasanya cukup efektif ditangani dengan suntikan kortikosteroid. Penanganan dengan operasi dikombinasi dengan suntikan kortikosteroid atau terapi lain nampaknya merupakan pilihan terbaik saat ini untuk menangani keloid yang berukuran cukup besar atau yang kambuh dan sulit diatasi. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat 

0 Komentar

Belum ada komentar