Sukses

Nyeri di Ulu Hati

02 Dec 2020, 17:03 WIB
Wanita, 18 tahun.

halo dok ijin bertanya, akhir akhir ini saya sering mengalami rasa sakit dibagian sekitar lambung dan ulu hati setelah makan. perut terasa penuh, bahkan saat saya bersendawa saya sering mengalami rasa sakit dibagian yang sama.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Nyeri ulu hati dan sering bersendawa bisa disebabkan karena peningkatan asam lambung, penyakit refluks asam lambung (Gastroesofageal Reflux Disease/ GERD), maupun gejala dari serangan jantung. 

Maag bisa dipicu oleh infeksi bakteri dan juga kebiasaan makan yang tidak teratur. Gejala yang dirasakan berupa nyeri ulu hati, mual, perut kembung, dan sering sendawa. 

Pada penyakit GERD selain merasakan nyeri di ulu hati, pasien dapat merasakan dada yang panas seperti terbakar hal ini disebabkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan (esofagus) akibat rusaknya klep antar lambung dan esofagus, selain itu pasien dapat pula merasa asam di lidah.

Untuk mengatasi nyeri ulu hati, Anda dapat mengonsumsi obat antasida untuk lambung yang dijual bebas di pasaran. Lalu, perhatikan pola makan Anda, pastikan Anda makan lebih sering dengan porsi sedikit-sedikit. Kurangi makan pedas, asem, bersantan, gorengan, kopi, minuman bersoda, atau merokok.

Jika dengan penanganan di atas keluhan tidak membaik, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan langsung oleh dokter sehingga ditentukan diagnosis yang tepat dan diberikan penanganan yang sesuai.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar