Sukses

Anak Rewel, Apa Karena Tidak Cocok dengan Sufornya?

02 Dec 2020, 16:14 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat siang dok, saya mau bertanya, anak saya berumur 2 bulan tgl 8 mau 3 bulan, kan anak saya minum susu lactogen tapi dia seringnya gak pernah habis susunya, terus dia sekarang rewel terus, apa dia tidak coock dengan susunya ya? tapi anak saya sih dicampur dengan susu ASI dok. sebelumnya dia minum susu bebelove tapi karna kalo mau pup atau buang angin seringnya nedan jadi saya disarankan untuk ganti susunya. apakah lactogen juga tidak cocok dengan anak saya dok? apa saya harus ganti susunya lagi? kalo saya ganti susunya lagi bermasalah gak dengan pencernaannya?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Jika anak tidak cocok dengan susu formula yang diberikan, biasanya akan timbul reaksi alergi seperti diare, mual, ataupun muntah. Ini bisa disebabkan karena anak alergi susu sapi atau mengalami intoleransi laktosa. Jika anak Anda mengalaminya, kemungkinan memang karena tidak cocok dengan susu sapi. Bagaimana dengan anak Anda?

Beberapa hal yang dapat disarankan agar si kecil mau makan atau minum susu formula:

- Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak. Buatlah suasana yang menimbulkan anggapan bahwa makan adalah sesuatu yang menyenangkan. Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda. Ada anak yang baru mau makan jika televisi menyala dan menampilkan acara kartun favoritnya. Cara ini dapat diicoba.

- Jangan berikan susu pada anak dalam jumlah berlebihan, sesuaikan dengan kebutuhan anak Anda. Jumlah susu yang berlebihan akan menyebabkan anak kekenyangan sehingga anak tidak mau makan lagi.

- Berikan jadwal minum susu secara teratur

Jika anak tidak pernah habis minum susunya, perhatikan berat badan anak Anda. Apabila berat badannya terus bertambah, maka tidak ada masalah, mungkin saja memang takaran susu yang diberikan berlebihan. Tapi jika berat badannya tidak bertambah, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung ke dokter anak untuk dilakukan evaluasi.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar