Sukses

Perdarahan Saat Hamil

02 Dec 2020, 15:36 WIB
Wanita, 22 tahun.

Salam dok. Saya saat ini sedang hamil namun mengalami pendarahan sejak 3 hari yang lalu. Kantung kehamilan telah terlihat di USG. Saya sudah melakukan bedrest dan minum obat kandungan, tapi darah tetap keluar. 2 hari sebelumnya darah berwarna hitam, sekarang merah dan mulai berkurang. Saya tidak pernah mengalami kram perut. Apakah kondisi janin saya masih aman?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Perdarahan saat hamil memang perlu diwaspadai. Saat usia kehamilan masih terbilang muda atau trimester awal, memang sangat rentan terjadi perdarahan. Penting untuk diketahui bahwa semua bentuk perdarahan yang keluar dari kemaluan wanita (vagina) yang sedang dalam kondisi hamil perlu mendapatkan perhatian lebih. Flek-flek tersebut bisa jadi merupakan suatu pertanda adanya masalah serius dan berbahaya bagi kehamilan Anda.

Jika darah yang keluar berwarna merah segar, volume darah banyak, ada nyeri perut, bahkan sampai ada gumpalan yang keluar, maka perlu diwaspadai adanya ancaman keguguran. 

Untuk memastikan keadaan Anda dan janin, Anda harus berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan USG pada kandungan Anda.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda cepat pulih.

0 Komentar

Belum ada komentar