Sukses

Olahraga dan Diet untuk Penderita Asma

01 Dec 2020, 09:17 WIB
Wanita, 18 tahun.

permis dok saya mau tanya, untuk diet yang sehat bagi penderita asma bagaimana ya dok? Apakah boleh berolahraga dok? Terimakasih dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan:

Seberapa sering asma Anda kambuh?Seberapa sering Anda mengalami serangan asma pada malam hari?Apakah Anda memiliki pengobatan rutin?Apakah Anda mengetahui faktor pemicu munculnya asma Anda?Bila Anda sudah memiliki pengobatan maka Anda perlu mengkonsumsi obat-obatan Anda. Bila asma Anda kambuh, dan berat, Anda harus mengunjungi dokter untuk pengobatan inhalasi segera. Dokter akan mengevaluasi kondisi dan derajat asma Anda dan memberikan obat yang sesuai, termasuk obat pengendali asma yang diperlukan pada penderita asma sedang-berat.

Pada dasarnya, asma merupakan suatu reaksi alergi yang disebabkan oleh beberapa faktor tertentu yang individual. Anda perlu mengetahui faktor-faktor yang memicu kekmabuhan asma Anda dan menghindarinya untuk mencegah kekambuhan.

Asma tidak dapat dihilangkan, namun dapat dikendalikan dengan menghindari pencetus dan mengkonsumsi obat-obat pengendali asma. Olah raga yang ringan dapat membantu meningkatkan stamina Anda, contohnya renang dan yoga. Namun, pada beberapa orang terlalu lelah dapat juga mencetuskan serangan asma sehingga olah raga yang terlalu berat tidak dianjurkan. Hal ini sangat bergantung pada derajat asma Anda. Saran kami sebaiknya Anda mengonsultasikan hal ini kepada dokter spesialis gizi klinik untuk mengatur pola diet dan olahraga Anda untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal tanpa terganggu dengan asma Anda.

Untuk diet, yang harus Anda lakukan adalah mengurangi jumlah kalori dalam sehari. Tetap usahakan makan 3x sehari hanya saja porsinya yang diatur sesuai dengan kebutuhan kalori Anda. Setiap kali Anda makan ada unsur kabohidrat (roti gandum, kentang), hindari makanan gorengan, minuman dan makanan yang terlalu manis, garam, konsumsi banyak air putih, perbanyak lauk dengan ikan, perbanyak sayur dan buah, hindari makanan dari kaleng atau fast food (sosis, kentang goreng, nugget), hindari jajanan manis (bila lapar, dapat pilih snack berupa buah atau sayur yang manis). Cobalah agar makan pagi Anda selalu disertai oleh buah yang manis. Untuk malam hari hindari makanan yang terlalu besar porsinya. 

Untuk penggunaan gula, Anda dapat menggunakan gula diet yang sudah banyak beredar di pasaran dan kurangi konsumsi makanan manis dan berlemak. Sedangkan untuk jus buah dapat dicampur. Saat ini sudah banyak pencampuran jus buah dan dapat dibuat menjadi contohnya smoothies.

Menurunkan berat badan membutuhkan waktu, kesabaran, dan kedisiplinan. Namun jika Anda melakukannya dengan sepenuh hati dan tepat, maka akan membuahkan hasil seperti apa yang Anda impikan. Apabila susah melakukan diet sendiri, Anda dapat minta bantuan Dokter Spesialis Gizi untuk mengatur kebutuhan nutrisi Anda dan juga bantuan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga untuk membantu menentukan resep olahraga Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar