Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Cara Mengatasi Depresi Berat

30 Nov 2020, 10:16 WIB
Wanita, 20 tahun.

saya mau bertanay cara mengurangi depresi berat gimana ya dok ?

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter.

Hingga saat ini belum ada obat yang benar-benar menyembuhkan dan menghilangkan depresi. Para penderita depresi dianjurkan untuk rutin mengonsumsi obat depresi dan melakukan konseling psikologis. Cara ini terbukti efektif bagi sebagian besar orang dengan depresi.

Apabila Anda mengalami depresi berat, maka Anda mungkin harus dirawat di rumah sakit atau mengikuti program terapi rawat jalan sampai gejala membaik. Berikut adalah jenis obat-obatan yang digunakan sebagai obat depresi atau anti depresan:

Selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs): fluoxetine, paroxetine, sertraline.

Serotonin-norepinephrine reuptake inhibitors (SNRIs): duloxetine, venlafaxine, desvenlafaxine.

Norepinephrine-dopamine reuptake inhibitors (NDRIs): bupropionAntidepresan atipikal: trazodone, mirtazapine.

Antidepresan trisiklik: imipramine, nortriptyline, amitriptyline, doxepin, trimipramine, desipramine.

Monoamine oxidase inhibitors (MAOIs): tranylcypromine, phenelzine, isocarboxazid.

Selain mengonsumsi obat, penderita depresi juga dapat mengikuti psikoterapi. Psikoterapi adalah istilah umum untuk mengatasi depresi dengan membicarakan tentang kondisi Anda dan masalah-masalah terkait dengan dokter atau konselor Anda. Psikoterapi juga dikenal sebagai terapi bicara atau terapi psikologis.

Belum ada cara yang pasti untuk mencegah depresi. Akan tetapi, Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini yang mungkin dapat bermanfaat:

Lakukan langkah-langkah pengendalian stres, untuk meningkatkan ketahanan dan kepercayaan diri Anda.Dekatkan diri dengan keluarga dan teman, terutama pada masa-masa yang berat, untuk menolong Anda melewatinya.Segera mencari pengobatan saat tanda depresi paling awal muncul, untuk menolong mencegah depresi bertambah berat.Pertimbangkan untuk mendapatkan terapi pemeliharaan jangka panjang untuk mencegah gejala depresi muncul kembali.Tip Meringankan Depresi

Depresi memang termasuk penyakit yang belum ditemukan penyembuhnya, tapi Anda yang sudah terlanjur menderita depresi dapat melakukan berbagai tindakan untuk meringankan gejala depresi, seperti berikut:

Jangan berhenti meminum obat depresi sebelum memberitahu dokter Anda. Menghentikan pengobatan secara mendadak atau lupa meminum beberapa dosis obat dapat menyebabkan gejala menyerupai gejala putus obat dan dapat memperburuk gejala depresi.Bila Anda sedang hamil atau menyusui, beberapa antidepresan dapat berisiko bagi janin atau anak yang masih menyusui. Bicaralah dengan dokter Anda bila Anda sedang hamil atau menyusui.Jalani hidup secara sederhana. Mungkin Anda harus mengizinkan diri Anda untuk melakukan lebih sedikit pekerjaan atau aktivitas apabila Anda merasa lelah atau lemah.Tulislah buku harian untuk memperbaiki suasana hati Anda.Bacalah buku atau situs internet yang dapat menolong Anda menjadi lebih baik.Jangan mengurung diri atau memisahkan diri dari aktivitas sosial.Temukan beberapa cara untuk bersantai dan mengatasi stres.Jangan membuat keputusan penting saat merasa kecewa atau murung sebab mungkin Anda sedang tidak berpikir jernih.

Depresi berat sebaiknya tidak diobati sendiri, berkonsultasilah dengan dokter spesialis kejiwaan agar tidak  berdampak fatal di kemudian hari. 

Demikian, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar