Sukses

Mengatasi Mata Ikan

25 Nov 2020, 13:38 WIB
Pria, 19 tahun.

dok mau bertanya bagaimana cara mengatasi mata ikan di kaki dok

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Mata ikan atau clavus merupakan penebalan kulit karena adanya tekanan dan gaya gesek yang intermiten, umumnya ditemukan pada telapak kaki. Penebalan kulit ini dapat menimbulkan rasa nyeri, dan pada situasi tertentu bisa menyebabkan luka.

Clavus dapat dikurangi dengan menggunakan obat-obatan tertentu yang bersifat keratolitik yang dapat menghancurkan sel kulit mati. Tujuan utamanya adalah dengan menipiskan atau melepas penebalan kulit tanpa menyebabkan luka yang menimbulkan perdarahan.

Obat-obatan keratolitik yang dapat digunakan salah satunya adalah yang mengandung asam salisilat. Dalam bentuk praktis, obat yang mengandung asam salisilat ini biasanya tersedia di pasaran dalam bentuk plester, sehingga memudahkan Anda untuk pemakaian sendiri di rumah.

Jika dengan cara-cara ini nyeri tetap tidak berkurang dan benjolan dirasa mengganggu, maka perlu dilakukan operasi kecil karena artinya penebalan sudah cukup tebal dan dalam. Anda dapat mengunjungi dokter untuk tindakan bedah minor ini sehingga keluhan Anda dapat segera diatasi.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda cepat pulih.

0 Komentar

Belum ada komentar