Sukses

Rambut rontok paska kehilangan buah hati

24 Nov 2020, 17:49 WIB
Pria, 23 tahun.

saya mau konsultasi. saya baru saja melahirkan 4 bulan yang lalu dan saya bru saja kehilangan buah hati saya di umur 2 bulan. saya merasa stres skli dok. kadang kalau teringat serasa sakit sklii. dan d luar itu semau saya mau nnya apa dampak kesetresan saya ini berpengaruh ke rambut saya krna rambut saya sekarang mengalami kerontokan parah bener2 parah

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdr

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Memang banyak diantara ibu yang setelah melahirkan terkejut mendapati kerontokan rambut yang lebih banyak daripada biasanya, disebut postpartum hair loss. Namun anda tidak perlu merasa khawatir karena kerontokan tersebut hanya berlangsung sementara.

Terdapat 3 fase dalam pertumbuhan rambut: fase pertumbuhan (anagen), fase transisi (katagen), dan fase istirahat (telogen).

Selama kehamilan, terdapat peningkatan kadar estrogen. Umumnya sekitar 85-95% folikel rambut berada dalam fase pertumbuhan, tetapi peningkatan hormon estrogen selama kehamilan menstimulasi kenaikan jumlah rambut dalam fase pertumbuhan. Rambut yang tumbuh lebih banyak daripada rambut yang rontok sehingga banyak ibu hamil yang merasakan rambutnya menjadi lebih tebal.

Setelah melahirkan, kadar estrogen menurun sehingga sebagian besar folikel rambut memasuki fase transisi (katagen) yang singkat dan fase istirahat (telogen). Folikel rambut yang berada dalam fase istirahat (telogen) umumnya bertahan pada kulit kepala selama 100 hari sebelum akhirnya jatuh. Oleh sebab itu, kerontokan rambut setelah melahirkan (postpartum hair loss) umumnya mulai dirasakan 3-4 bulan setelah melahirkan dan berlangsung hingga 6-12 bulan paska melahirkan. Beberapa ibu mungkin telah terbiasa dengan ketebalan rambut yang dimiliki selama kehamilan, sehingga merasa khawatir akan mengalami kebotakan, namun sebenarnya ketebalan rambut akan kembali seperti saat sebelum hamil.

Tidak ada pengobatan khusus untuk postpartum hair loss, mengingat sebabnya yang murni hormonal dan bersifat sementara. Bagaimanapun, konsumsi nutrisi tertentu dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Meski beberapa wanita akan merasakan postpartum hair loss setiap kali habis melahirkan, dengan mengonsumsi bahan makanan kaya vitamin, mineral dan protein diharapkan dapat meminimalisasi efek postpartum hair loss dengan membantu mempercepat pertumbuhan rambut kembali.

Bila kondisi Anda membuat aktivitas sehari-hari Anda terganggu, kami anjurkan untuk Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis psikiatri.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdr dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar