Sukses

Tidak Bisa Mencium Bau

21 Nov 2020, 17:59 WIB
Wanita, 20 tahun.

Permisi dok, beberapa hari kemarin saya sakit demam. Kemudian setelah 2 hari tibatiba saya kehilangan indra penciuman saya hingga sekarang. Sebelumnya saya selfdiagnoses bahwa hidung saya terdapat polip namun belum sempat untuk kedokter. Apakah indra penciuman saya bisa kembali normal?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Tidak bisa mencium bau disebut juga dengan anosmia. Anosmia adalah kondisi dimana seseorang mengalami penurunan kemampuan indera penciuman secara sebagian atau total. Penyebabnya beragam, yaitu peradangan atau infeksi pada hidung, pilek, polip, dan juga sinusitis. 

Untuk itu kami sarankan Anda berkonsultasi langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan, dengan demikian Anda dapat diberikan penanganan yang tepat sesuai dengan penyebab yang ada.

Perlu diwaspadai, bahwa kehilangan indera penciuman juga merupakan salah satu gejala covid-19. Apakah Anda memiliki gejala lain, seperti demam, nyeri tenggorokan, batuk, pilek, atau sesak napas? Kami juga menyarankan Anda untuk melakukan swab tes (PCR).

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar