Sukses

Mengatasi Wajah Berjerawat

21 Nov 2020, 17:54 WIB
Wanita, 14 tahun.

dok wajah saya keluar banyak sekali jerawat dan jerawatnya mengeluarkan nanah dan rasanya gatal sekali dok saya baru mengalaminya 4 hari yang lalu jerawat ini keluar

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Jerawat timbul karena adanya beberapa faktor, yaitu produksi sebum (minyak) berlebih, sumbatan folikel rambut, infeksi bakteri, dan hormonal. Nah, faktor risiko yang memicu faktor ini juga cukup banyak, seperti masa pubertas, keturunan, kurangnya kebersihan, stress, penggunaan kosmetik, konsumsi obat-obatan tertentu, makanan, minuman, ataupun merokok.

Untuk jenis kulit yang mudah bruntusan atau berjerawat, sebaiknya carilah skincare yang memiliki kandungan sebagai berikut:

- Asam salisilat

Asam salisilat telah lama digunakan mengatasi jerawat. Bahan ini dapat membantu meringankan peradangan di wajah akibat jerawat, membersihkan pori-pori, dan juga mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. 

- AHA

AHA (Alpha Hidroxy Acid) adalah salah satu kandungan untuk skincare dengan jenis muka yang berjerawat, komedo, dan berminyak. AHA juga mampu mengatasi bekas jerawat, pori-pori yang besar, dan mampu mengatasi kerutan halus di wajah. 

- Benzoyl Peroxide

Kandungan obat jerawat ini lebih sering digunakan untuk jerawat yang meradang. Selain itu, benzoyl peroxide juga dapat membasmi bakteri penyebab jerawat.

- Asam Azelaic

Asam azelaic juga digunakan untuk mengurangi bakteri penyebab jerawat. Sama seperti asam lainnya, ini juga dapat mengatasi kemerahan dan mengurangi bekas jerawat.

- Tea Tree Oil

Bahan alami ini juga ampuh mengatasi jerawat. Tea tree oil dinilai ampuh melawan bakteri penyebab jerawat dan juga memiliki kandungan anti inflamasi untuk mengatasi kemerahan pada wajah.

Selain memperhatikan kandungan skincare untuk kulit bruntusan dan berjerawat, dibutuhkan juga penanganan lain, seperti:

- Rajin mencuci muka minimal 2x sehari dengan sabun yang tidak banyak menghasilkan busa

- Diet rendah lemak dan karbohidrati

- Hidup teratur, sehat, olahraga 3x/minggu minimal 30 menit

- HIndari stress

- Gunakan kosmetik secukupnya, hindari kosmetik berbahan dasar minyak (foundation, BB cream, bedak padat)

- Hindari hal yang dapat memacu kelenjar minyak: alkohol, makanan pedas, rokok

- Hindari polusi udara

- Hindari pemencetan jerawat karena dapat memperberat erupsi

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda cepat sembuh.

0 Komentar

Belum ada komentar