Sukses

Sembelit Pada Anak

21 Nov 2020, 17:43 WIB
Pria, 27 tahun.

hallo dok, saya mau tanya masalah anak bayi berusia 18 bulan. sudah hampir sebulan lebih kesusahan buar air. sampe tiap pup saya menggunakan microlac. microlac aman ga sih dok klo di gunakan berulang kali apalagi anak kecil?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sembelit atau susah buang air besar lebih dikenal dalam bahasa medis sebagai konstipasi. Sembelit memang kerap terjadi pada anak. Tingkat terjadinya sembelit pada anak bervariasi antara 4-36%.

Sembelit atau susah buang air besar pada anak ditandai dengan keluhan, seperti feses menjadi keras dan berbentuk seperti feses kambing sehingga sering menyebabkan keluhan nyeri setelah melakukan buang air besar.

Sembelit atau kesulitan buang air besar pada anak bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan, diantaranya adalah:

-Kekurangan asupan cairan

-Kekurangan asupan serat

-Kurang bergerak

Sebagian besar anak memang pada kenyataannya tidak menyukai sayur dan buah sebagai sumber serat utama sehingga keluhan sembelit ini bukan merupakan keluhan yang jarang terjadi. Ketika sembelit terlanjur terjadi pada Si Kecil, berikut solusi yang dapat dilakukan:

-Lakukan beberapa latihan gerakan melingkar pada kaki seolah-olah sedang mengayuh sepeda. Ajaklah Si Kecil bermain permainan yang banyak menggerakkan kaki, seperti mengejar bola atau jenis permainan lain yang sejenis.

-Lakukan pijatan pada perut anak Anda. Ketika Anda memijat perut Si Kecil, lakukanlah dengan meletakkan jari Anda pada posisi tiga jari di sisi kiri bawah pusar dan tekanlah secara perlahan dengan ujung jari Anda. Lakukan tekanan lembut tapi konstan selama kurang lebih tiga menit.

-Untuk anak yang mengonsumsi susu formula, cobalah untuk menambahkan air pada susu formulanya. Selain itu, tanyakan kepada dokter mengenai jenis susu formula lain yang mungkin sesuai dengan keadaan anak yang sedang sembelit tersebut.

-Pengonsumsian jenis susu formula yang sesuai dengan keadaan anak yang sedang sembelit dapat membantu mengatasi masalah sembelit pada anak tersebut.

-Perbanyak konsumsi air putih dan perbanyak konsumsi makanan berserat. Namun, kurangi untuk mengonsumsi jenis makanan, seperti beras, pisang dan wortel yang sudah dimasak karena dapat memicu terjadinya sembelit (konstipasi).

-Para orangtua dapat mengajarkan pola buang air besar secara teratur kepada Si Kecil, serta mengajarkan toilet training agar anak terbiasa melakukannya.

Lalu, untuk penggunaan obat pencahar sebaiknya tidak digunakan terus-menerus dalam jangka panjang. Karena, penggunaan obat pencahar secara berlebihan dapat merusak persarafan dan dinding usus besar sehingga menimbulkan terjadinya konstipasi.

Jika Anda telah melakukan hal-hal di atas yang disarankan tapi anak Anda masih juga mengalami sembelit, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter Anak untuk dilakukan pemeriksaan langsung dan juga mendapatkan penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga anak Anda cepat sembuh.

0 Komentar

Belum ada komentar