Sukses

Rasa Mengganjal di Tenggorokan

21 Nov 2020, 17:37 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok, tenggorokan saya terasa sesak dan seperti mengganjal, nafas juga menjadi sesak

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Rasa mengganjal pada tenggorokan dapat disebabkan oleh karena peradangan atau infeksi, alergi, iritasi, benda asing, maupun penyakit pada saluran pencernaan.

Mungkin saja Anda mengalami semacam alergi atau infeksi yang dapat menyebabkan post nasal drip (aliran cairan/ingus dari hidung ke tenggorokan/PND). Ingus dari rongga hidung bagian belakang mengalir ke arah tenggorokan sehingga penderita sering merasakan ada aliran dari arah belakang tenggorokan dan dapat menyebabkan batuk atau rasa napas tidak lega.

Jika Anda mengalami radang tenggorokan, kami sarankan Anda untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya, hindari rokok, minum air hangat yang dicampur dengan madu atau lemon, berkumur-kumur dengan air garam secara teratur, dll.

Selain itu, periksakan kondisi Anda secara langsung agar dapat diberikan penanganan yang sesuai, bila disebabkan infeksi bakteri maka akan diberikan antibiotik.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda cepat sembuh.

0 Komentar

Belum ada komentar