Sukses

Tumbuhnya Gigi Bungsu menyebabkan Gigi Sakit dan Tidak Nyaman

20 Nov 2020, 22:46 WIB
Wanita, 24 tahun.

Hai Dok, jadi saya ada tumbuh gigi baru. tumbuhnya itu di paling ujung gigi bawah saya sebelah kanan. jadi tumbuh diantara gusi dan gigi saya yang paling ujung itu dok. Apakah itu semakin lama akan semakin membesar atau tidak ya. Soalnya makin lama kok jadi tidak nyaman gitu ya agak berasa sakit. Thanks dok

Terimakasih telah bertanya tentang tumbuhnya gigi bungsu menyebabkan gigi sakit dan tidak nyaman melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keadaan gigi geraham bungsu yang Anda utarakan ini sepertinya mengalami gangguan pertumbuhan. Sangat banyak kasus-kasus gigi geraham bungsu atau molar tiga tumbuh miring dan terhalang tulang (impaksi) atau dengan posisi tegak  tapi hanya muncul sebagian, dan pada beberapa kasus  menyebabkan timbulnya rasa sakit hingga tidak dapat membuka mulut, atau ada juga yang tidak timbul keluhan sama sekali.

Pada kasus lainnya ada yang hanya tumbuh sebagian sehingga gusinya juga terbuka sebagian sehingga membentuk celah. Adanya celah ini menyebabkan makanan mudah terjebak dan sulit  dibersihkan hingga seringkali gusi di daerah mahkota gigi yang baru tumbuh sebagian tersebut bengkak dan sakit sekali.

Pada kasus yang anda alami, memang biasanya kalau tumbuhnya gigi bungsu tidak terhalang suatu apapun, maka gigi bungsu bisa tumbuh lebih esar lagi. Tapi jika tumbuhnya miring atau terhalang dengan tulang atau gigi depannya, maka pertumbuhannya bisa terhenti. Hal ini juga bsia menimbulkna rasa tidak nyaman bahkan rasa sakit. Sebaiknya periksakan keadaan gigi Anda ke dokter gigi agar bisa menentukan rencana perawatan yang terbaik untuk kasus gigi anda.

Berikut artikel terkait pertanyaan Anda : 

- Solusi untuk Gigi Geraham Bungsu yang Sakit

- Gigi Geraham Bungsu Tidak Tumbuh? Waspadai Komplikasi Ini

Inilah Tanda-Tanda Gigi Bungsu Perlu Dicabut

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan seputar tumbuhnya gigi bungsu menyebabkan gigi sakit dan tidak nyaman, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar