Sukses

Perhitungan Usia Kandungan

17 Nov 2020, 20:29 WIB
Wanita, 22 tahun.

Halo dok, saya sebulan lalu baru nikah terus alhamdulillah saya dikasi rezeki olehAllah, tapi yang saya bingungkan kenapa usianya lebih satu bulan dari usia pernikahan saya, dok? Kata org2 menghitung dari hari terakhir dtgbulan yah dok? Saya nikah 05 oktober dan terakhir halangan sekitaran awal bulan september. Tapi itu wajar ga sih dok? Apalagi itu sudah diluar masa subur. Dan skrg udah bulan november jadi kalau dri perkiraan dokter tempat sy memeriksa awal bulan 6/ 2021 saya melahirkan, itu wajar ga sih dok?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Perhitungan usia kandungan yang paling umum digunakan adalah dengan perhitungan HPHT (hari pertama haid terakhir). Perhitungan melalui HPHT hanya dapat dipercaya apabila siklus menstruasi Anda teratur dalam 6 siklus terakhir. Apakah siklus haid Anda teratur? 

Perhitungan HPHT hasilnya memang bisa melebihi usia pernikahan Anda jika kehamilan terjadi langsung setelah pernikahan. Karena perhitungan ini menggunakan tanggal haid terakhir, dimana haid itu terjadi sebelum pernikahan terjadi. Jadi perhitungan ini tidak dapat dijadikan patokan pasti, namun hanya perkiraan saja.

Metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama haid terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Karena itu, dalam hal ini, hasil perkiraan usia kehamilan dengan USG lebih dapat dipercaya. Meski demikian, perlu diingat bahwa hasil tersebut pun memiliki kemungkinan kesalahan (meski tidak terlalu besar), mengingat sifatnya yang operator-dependen (bergantung pada operator/pemeriksa).

Untuk memastikan usia dan sehatnya kehamilan, saya sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan. Semoga Anda dan sang calon bayi senantiasa sehat hingga saatnya persalinan nanti.

HPHT

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar