Sukses

Rapid test covid

14 Nov 2020, 11:25 WIB
Wanita, 27 tahun.

dok saya mau tanya, saya pernah dinyatakan sebagai pasien otg covid, namun setelah 2 minggu di isolasi mandiri hasil pcr test menyatakan negatif. nah ada teman saya yang bilang kalau orang yg sudah pernah positif covid, maka jika rapid test hasilnya akan selalu reaktif, jadi kalau mau naik pesawat harus menggunakan pcr test. apa benar begitu dok? saya berharapnya hoax karena biaya pcr test itu mahal untuk saya.

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Apabila yang ditemukan reaktif adalah IgG maka menunjukkan adanya antibodi dari infeksi yang sudah lampau, sedangkan IgM yang reaktif artinya antibodi dari infeksi yang barus aja terjadi. Namun, rapid test bukanlah alat untuk menegakkan diagnosis, hanya sebagai pendeteksi antibodi saja. Apabila memang ada hasil yang reaktif (baik salah satunya maupun keduanya), sebaiknya di konfirmasi dengan PCR atau swab test. Sampai saat ini belum terdapat angka pasti berapa lama antibodi tersebut dapat masih terdeteksi dalam tubuh. 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar