Sukses

Jerawat breakout

15 Nov 2020, 17:37 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, pipi saya breakout parah gitu, ada bintik2 kecil tapi banyak di kedua pipi saya dok.. ini gimana ya dok baiknya

Terima kasih telah bertanya mengenai jerawat breakout  melalui fitur Tanya Dokter.

Bila Anda termasuk yang mengalami breakout padahal sudah berminggu-minggu beraktivitas di rumah demi menekan angka penularan COVID-19, berikut ini adalah penyebabnya.

1. Faktor Hormonal, stres karena pekerjaan yang menumpuk, stres karena angka penularan virus corona di Indonesia yang masih meningkat, sering begadang, atau sering konflik dengan pasangan bisa menyebabkan hormon berfluktuasi.

Itulah yang berkontribusi dalam kemunculan breakout di wajah, membuatnya jadi jerawatan. Ketika hormon stres atau kortisol naik, ini akan merangsang kelenjar minyak di wajah secara berlebihan. Minyak ini nantinya bisa menimbulkan jerawat dan wajah mengalami breakout. Kondisi ini akan semakin parah bila tipe kulit Anda berminyak. Untuk itu, selalu jaga kebersihan wajah.

2. Mengonsumsi Makanan Tinggi Gula dan Kalori

Dengan kondisi karantina diri di Rumah, banyak orang yang jadi (lebih) sering ngemil karena bosan. Mulai dari keripik kentang, permen dan cokelat, aneka kue, dan sebagainya. Sering mengonsumsi makanan manis, tinggi kalori, dan berminyak bisa meningkatkan insulin di dalam tubuh dan produksi minyak di wajah. Minyak ini nantinya akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

3. Kurang Asupan Vitamin D

Salah satu rahasia kulit yang sehat adalah terpenuhinya asupan vitamin D. Jika wajah breakout meski tidak sering pakai makeup, kekurangan vitamin D bisa jadi biang keroknya. Selain lewat paparan sinar matahari, vitamin D juga bisa didapat lewat makanan seperti ikan salmon, sarden, minyak ikan kod, tuna kalengan, kuning telur, jamur, atau produk lainnya yang telah diperkaya vitamin D seperti sereal, susu kedelai, oatmeal, dan lain-lain.

4. Sering Menyentuh Wajah

Coba cek, apakah Anda termasuk yang sering pegang-pegang wajah? Bila ya, bisa jadi itu penyebab wajah breakout, apalagi jika Anda jarang cuci tangan dan sering memegang benda-benda yang kotor. Hal tersebut bisa membuat kotoran dan bakteri berpindah ke kulit wajah dan menyumbat pori-pori, lalu memunculkan jerawat, terutama jika tipe kulit Anda berminyak.

 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda harus mengidentifikasi terlebih dulu penyebabnya.

Jika memang diakibatkan oleh produk skincare baru, coba hentikan dulu penggunaannya. Cari produk lainnya yang lebih cocok untuk jenis dan kondisi kulit. Selain itu, hindari menggunakan produk perawatan kulit secara berlebihan. Gunakan produk dengan kandungan bahan yang lembut, alami, dan menenangkan kulit (soothing), misalnya yang mengandung aloe vera. Anda juga bisa menambahkan krim yang bisa membantu mengempiskan dan mengurangi peradangan pada jerawat, seperti yang mengandung retinoic acid.

Berikut kami sertakan artikel lain sebagai bahan bacaan anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar