Sukses

Perubahan Warna Kulit

13 Nov 2020, 21:28 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok kenapa kulit saya pda bagian perbatasan rambut dan dahi berubah warna kalau panu kok gk kerasa pnas dan gk gatal.itu apa ya dok ?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Warna kulit dapat berubah dengan adanya perubahan kandungan pigmen. Perubahan kandungan pigmen dapat diakibatkan antara lain oleh bertambahnya pigmen dan berkurangnya pigmen. 

Kelainan kulit yang diakibatkan karena bertambahnya kandungan pigmen melanin di kulit dinamakan hipermelanosis. Hipermelanosis dapat menyebabkan kulit menjadi coklat dan abu-abu tergantung pada lokasi melanin di lapisan kulit yang mana. Pembentukan melanin dapat dipicu salah satunya dengan pajanan sinar matahari.

Sedangkan kelainan kulit akibat berkurangnya kandungan pigmen disebut hipopigmentasi. Ini membuat warna kulit di beberapa area tubuh menjadi lebih terang daripada area sekitarnya. Beberapa penyakitnya yaitu:

1. Vitiligo

Vitiligo merupakan kelainan kulit yang cukup jarang ditemukan. Kelainan ini membuat penderitanya mengalami bercak putih pucat pada sekujur tubuh.

2. Pityriasis alba

Pityriasis alba adalah kelainan kulit mirip panu. Kondisi ini bisa jadi merupakan bekas penyakit kulit yang pernah Anda derita, misalnya eksim. Penyakit ini biasanya akan sembuh sendirinya seiring pertambahan usia.

3. Panu

Panu atau tinea versicolor adalah penyakit infeksi kulit akibat jamur. Selain timbul bercak putih, gejala yang dialami berupa gatal, bersisik, dan kering.

4. Lichen sclerosus

Lichen sclerosus adalah kondisi kronik pada kulit yang menimbulkan bercak putih. Paling sering muncul di daerah genital, namun bisa juga muncul di lengan, sekitar payudara, dan bagian tubuh atas lainnya.

Untuk mengetahui penyebab dari keluhan Anda, diperlukan informasi tambahan serta pemeriksaan fisik langsung oleh dokter. Oleh karena itu, saya sarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter kulit agar dapat dievaluasi dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar