Sukses

Anak Belum Bisa Merangkak

06 Nov 2020, 16:07 WIB
Wanita, 1 tahun.

permisi dok,kami memiliki bayi umur sekarang 13 bulan dengan berat badan sekarang 7,8kg ,pas lahir BBLR dengan berat badan 1,9 kg, bayi kami belum bisa merangkak hanya miring kanan kiri tengkurep pun jarang, bayi aktif, reflek mata kurang begitu tertarik dengan sesuatu (asik main sendiri).apakah kondisi tersebut normal dok untuk anak dengan lahir BBLR???

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Perkembangan setiap anak pasti akan berbeda-beda. Tapi saat umur 13 bulan, seharusnya anak sudah bisa merangkak, mulai belajar melangkah, mampu berdiri sendiri, bahkan ada yang sudah bisa berjalan. 

Anak pada umumnya memang diharapkan sudah dapat merangkak ketika menginjak usia 6-9 bulan. Saat ini anak Anda memang belum bisa merangkak, namun Anda tidak perlu merasa khawatir karena setiap anak dapat memiliki variasi dalam pencapaian perkembangannya.

Untuk perkembangan yang optimal, diperlukan peran Anda dan setiap orang yang berada di sekitar buah hati untuk merangsang perkembangannya dengan memberikan stimulasi secara periodik dan teratur.

Yang harus diingat adalah agar stimulasi tersebut dilakukan secara rutin dan bertahap hingga anak dapat mencapai perkembangannya dengan baik. Anda dapat membantu anak untuk tengkurap dan usahakan agar anak selalu mendapatkan tummy time-nya setiap hari.

Agar dapat dievaluasi secara lengkap, saya sarankan Anda memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis anak untuk melihat tumbuh kembangnya.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga anak Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar