Sukses

Telinga Kiri Tidak Bisa Mendengar Sejak Lahir

06 Nov 2020, 16:05 WIB
Pria, 32 tahun.

dok. saya mempunyai pendengaran hanya sebelah, jadi telinga saya yang sebelah kiri tidak bisa mendengar sama sekali. ini sepertinya saya alami sejak lahir. apakah bisa disembuhkan ? apa saya termasuk difabel ?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Apakah Anda pernah berobat ke dokter sebelumnya? Jika Ya, apakah diagnosisnya? Penyebab hilangnya fungsi pendengaran dapat bervariasi antara lain kelainan saraf, kerusakan gendang telinga, kelainan anatomi dan sebagainya.

Gangguan pendengaran dibagi menjadi 3 jenis : pertama Tuli konduksi (di telinga luar dan tengah) disebabkan karena proses keradangan, dapat diobati dengan tindakan operasi misal : otitis media / congek, telinga tidak terbentuk. Kedua Tuli sensorineural / syaraf (di telinga dalam), biasanya tidak dapat diobati, penanganan dengan alat bantu dengar / implantasi koklea, misal : tuna rungu (sejak lahir), paparan bising. Dan ketiga adalah Tuli campuran.

Jika kehilangan pendengaran ini Anda dapatkan sejak lahir, penyebabnya bisa beragam, yaitu genetik, infeksi TORCHS, kelainan anatomi kepala – leher , sindrom yang berhubungan dengan tuli kongenital, berat badan lahir rendah (kurang dari 1500 gram, meningitis bakterialis, hiperbilirubinemia (bayi kuning), asfiksia berat (saat lahir tidak menangis), dan pemberian obat ototoksik.

Untuk dapat mengetahui pengoabatannya, dibutuhkan pemeriksaan menyeluruh pada telinga Anda untuk mengetahui diagnosisnya. Dengan begitu, baru ditentukan penanganan yang sesuai. Oleh karena itu, saya sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter THT agar dapat dievaluasi.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar