Sukses

Sudah Lepas KB Namun Belum Hamil

06 Nov 2020, 15:43 WIB
Wanita, 29 tahun.

selamat pagi dok, saya mau tanya dok, saya ibu satu anak, sekarang sudah umur 5 th. sebelum hamil anak prtma sy pernah kaguguran 2x, trs hamil, setelah melahirkan sy KB IUD selama 4 th, setelah itu kmrn bln agustus sy lepas IUD nya dok, menstruasi sy sudah rutin tiap 27 hr,tp knp sy blm hamil lg ya dok, apakah ada hal yg mmpengaruhi kesuburan setelah pakai IUD? trmksh sebelumnya dok 🙏

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

KB IUD adalah jenis kontrasepsi dalam rahim cukup banyak diminati wanita karena memiliki efektivitas sebesar 99,5 persen dalam mencegah kehamilan. Biasanya, setelah melepas KB IUD ini kesuburan akan kembali dengan cepat, sehingga Anda bisa memiliki anak lagi.

Untuk merencanakan kehamilan, maka yang dapat Anda lakukan diantaranya :

- Periksakan kesuburan Anda kepada dokter ahli untuk menentukan apakah kondisi status reproduksi Anda dan pasangan dalam keadaan baik.

- Mengetahui masa subur, cara menghitung masa subur adalah, jika siklus menstruasi normal Anda adalah 21-28 hari, maka cara perhitungan masa suburnya adalah 14 hari sebelum haid Anda berikutnya (plus minus 2 hari). Selain itu, wanita yang sedang mengalami ovulasi seringkali mengalami gejala-gejala seperti perubahan pada lendir serviks (menjadi lebih licin dan basah) atau seringkali mengalami nyeri pada perut.

- Rutin melakukan hubungan intim dengan pasangan, lakukanlah hubungan 2-3 hari sekali.

- Makanlah makanan-makanan bergizi tinggi yang baik untuk memperbaiki kwalitas sel telur dan sperma, seperti konsumsi sayur dan buah secara teratur. Semua jenis sayur dan buah memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang sangat baik untuk perkembangan sperma dan sel telur.

- Makanlah makanan yang menjadi sumber protein, protein dipercaya mampu memberikan kekuatan pada sel sperma maupun sel telur.

- Konsumsi vitamin asam folat untuk istri, vitamin ini dapat membantu menjaga kualitas sel telur, atau konsumsi zink untuk suami, zink dapat meningkatkan kualitas sperma menjadi lebih bertenaga.

- Rutin berolah raga.

- Hindari stress berlebihan.

- Nikmati hubungan intim bersama pasangan. Lakukan hubungan dengan tujuan mendapatkan kepuasan seksual dari pasangan. Hindari tujuan berhubungan hanya semata-mata mengharapkan keturunan, keadaan tersebut dapat menyebabkan stress dan dapat menghambat kehamilan.

- Stop merokok, baik bagi suami maupun istri rokok merupakan musuh utama. Merokok dapat menurunkan kualitas sperma seseorang bahkan menyebabkan kemandulan. Dan jika asap rokok masuk kedalam tubuh ibu maka akan merusak sel telur dan dinding rahim.

Jika dalam waktu satu tahun setelah melepas KB dan belum juga hamil, sebaiknya Anda dan suami memeriksakan diri ke dokter kandungan dan dokter andrologi untuk dievaluasi apakah ada penyulit lain yang mengganggu kesuburan.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

5 Komentar

  • slamat siang dok.saya mw tanya.sya udh 2 thun berhenti KB.tpi smpai skrang blom hamil juga.

  • dok saya ibu satu anak sudah lepas kb implan selama 4th belum juga hamil

  • Muhammad Farhan

    selamat siang dok saya mau tnya dok saya ibu satu anak dok setelah melahir kn anak prtama saya kb dok setelah beberapa bln saya brhnti kb dok sudh tuu ad 1 thn lbih saya baru hamil ank ke2 udh mau msuk 2bln tpi saya keguguran dok dan saya mau habil lg dok ap kn saya msih subur dok atau saya masih bisa punya anak mohon solusinya dok