Sukses

Suplemen Pencerah Kulit

28 Oct 2020, 19:29 WIB
Wanita, 24 tahun.

Suplemen apakah yang bisa mencerahkan kulit dok ?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Kulit kusam atau tampak tidak cerah bisa disebabkan karena perawatan wajah yang kurang tepat, asupan nutrisi yang kurang seimbang, rendahnya konsumsi air putih harian, ataupun faktor eksternal yang memang dapat mempengaruhi (polusi, stress, kosmetik, dll).

Pertama-tama, Anda harus tahu vitamin apa saja yang diperlukan oleh kulit, diantaranya: vitamin A (dibutuhkan bila wajah terlihat mulai timbul garis-garis di wajah atau kerut di wajah), vitamin B (dibutuhkan agar kulit terlihat sehat dan lembab), vitamin C (menghambat tanda-tanda penuaan), vitamin E (melawan kekeringan pada kulit), vitamin K (untuk lingkaran hitam mata lebih bersinar).

Secara alami, vitamin-vitamin tersebut bisa didapatkan melalui konsumsi buah dan sayuran yang kaya akan antioksidan. Antioksidan dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan seperti: buah, sayuran, seafood dan minyak. Antioksidan berfungsi untuk memerangi radikal bebas, yaitu molekul yang dapat merusak sel sehat. Selain vitamin-vitamin tersebut, antioksidan lainnya dapat berupa bentuk lainnya misalnya glutation, astaxanthin, collactive ataupun melatonin.

Jika Anda kurang mendapatkannya dari asupan makanan sehari-hari, Anda bisa memperolehnya melalui tambahan suplemen. Terkait suplemen yang Anda tanyakan, Anda dapat memperolehnya secara bebas di apotik atau di gerai-gerai tertentu. Mohon maaf untuk menghindari adanya bias promosi, kami tidak dapat menyebutkan merek suplemen secara rinci di sini. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar