Sukses

Pendengaran Berkurang Pada Telinga Kiri

28 Oct 2020, 19:15 WIB
Pria, 18 tahun.

dok kenapa ya kuping kiri saya kurang pendengaranya,tetapi pas saya coba kepala di bawah kaki di atas, kaya ada bunyi gitu, kaya bunyi suara air, tetapi saya gapernah kemasukan air ke kuping

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sebelumnya izinkan saya bertanya, Sejak kapan pendengaran telinga kiri Anda berkurang?Apakah telinga terasa berdengung? Apakah ada gejala lain, seperti nyeri, telinga terasa penuh, atau keluar cairan dari telinga?Apakah ada demam? Apakah pendengarannya berkurang secara perlahan atau tiba-tiba?

Gangguan pendengaran terjadi ketika ada masalah dengan struktur telinga yang terlibat dalam proses pendengaran. Ada beberapa hal yang dapat memengaruhinya, seperti usia, infeksi telinga, lubang pada gendang telinga, benda asing di telinga, penyakit tertentu (penyakit meniere, tumor, dll), trauma, ataupun obat-obatan.

Lalu, ada tiga jenis utama dari gangguan pendengaran, yaitu:

1. Gangguan pendengaran konduktif terjadi dari masalah di liang telinga. Gendang telinga atau telinga tengah tidak dapat mengirimkan suara secara efektif ke telinga bagian dalam. Masalah ini dapat disebabkan oleh infeksi telinga, tumor, atau benda (seperti penumpukan lilin) di telinga.

2. Kehilangan pendengaran sensorineural seringkali disebabkan oleh kerusakan sel-sel rambut di telinga bagaian dalam. Penyebab potensial lainnya termasuk kerusakan pada saraf atau otak 8. Jenis gangguan pendengaran sering disebabkan oleh usia-terkait perubahan saraf dan sel-sel sensorik dari telinga bagian dalam.

3. Gangguan pendengaran campuran adalah kombinasi dari gangguan pendengaran konduktif dan sensorineural, yang berarti bahwa mungkin ada kerusakan di telinga luar atau tengah, serta di telinga bagian dalam (koklea) atau saraf pendengaran. Kehilangan pendengaran campuran dapat disebabkan oleh cedera kepala, infeksi kronis, atau kelainan bawaan.

Karena keluhan pendengaran berkurang pada telinga Anda bisa disebabkan berbagai macam hal, saya sarankan Anda untuk langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis THT agar dapat dievaluasi lebih lanjut dan mendapatkan penanganan yang sesuai.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar