Sukses

Buang air kecil keruh

26 Oct 2020, 09:00 WIB
Wanita, 53 tahun.

Dokter bila tengah malam saya buang air kecil warnanya keruh keputihputihan.namun bila setelah itu maksud saya setelah 2~3 jam kemudian saya bak lagi warnanya udah tidak lagi keruh .mengapa ya dokter

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Ibu

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Warna kencing yang keruh dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, yaitu:

  • Dehidrasi. Kekurangan cairan/kurang minum dapat membuat kencing berwarna kuning pekat bahkan keruh.
  • Infeksi saluran kencing. Kencing keruh paling sering disebabkan oleh hal ini, gejala lain yang menyertai biasanya nyeri di akhir kencing atau rasa terbakar di ujung penis, anyang-anyangan (kencing tidak lampias), atau kencing disertai darah.
  • Vitamin. Vitamin seperti vitamin B dan C dapat menyebabkan kencing keruh.
  • Diabetes.
  • Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan kencing keruh. 
  • Zat-zat kimia yang dipakai dalam rumah tangga atau saat bekerja.
  • Batu saluran kencing.
  • Gangguan ginjal dan penyakit lain yang menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Sudah berapa lama Anda mengalami kencing keruh ini? Dan keluhan lain apa yang menyertainya? Apakah terdapat demam atau nyeri pinggang? Apakah buang air kecil terasa nyeri?

Warna kencing yang keruh paling sering disebabkan oleh infeksi saluran kemih dan batu saluran kemih, pada wanita. Oleh sebab itu, apabila kencing keruh ini telah berlangsung lama, sebaiknya segera periksakan kepada dokter umum atau dokter penyakit dalam dengan membawa hasil laboratorium Anda. Gangguan yang ada perlu segera diobati untuk mencegah komplikasi yang lebih serius.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar