Sukses

Penyebab Kulit Gatal

26 Oct 2020, 21:54 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok, saya ada ruam ruam merah pada kulit tangan kanan dan kiri. Terasa gatal. Kemrn periksa ke apotik katanya akergi ttpi sya ga tw alergi apa. Rasanya gatal dan agak sdkit panas . Sudh diobati pake hydrocrtsn tp blm ada kamjuan dok. Malah tmbh merembet. . Apa bsa menggunakan top cort?

Terimakasih telah bertanya seputar kulit gatal melalui fitur Tanya Dokter.

Kami ingin bertanya terlebih dahulu apakah gatal-gatal yang dialami disertai kelainan kulit yang jelas seperti kemerahan atau muncul bentol seperti biduran, kulit bersisik atau yang lainnya?

Sulit bagi kami untuk menentukan kondisi yang Anda alami karena kami tidak dapat memeriksa langsung dan mewawancara Anda lebih dalam.

Secara umum penyebab gatal di kulit dapat berupa alergi, iritasi, infeksi (misalnya karena jamur), gigitan serangga, hingga kondisi medis seperti penyakit hati, penyakit ginjal, dan diabetes. Yang dapat Anda lakukan saat ini adalah mencari faktor pencetus timbulnya gatal dan menghindari faktor pencetus tersebut. Berbagai hal yang dapat menjadi faktor pencetus adalah cuaca dingin, makanan tertentu, kondisi stress emosional, dsb.

Bila gatal muncul lebih sering dengan intesitas yang lebih berat dan gejala sangat mengganggu, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit yang ahli alergi. Dokter akan menyarankan melakukan tes alergi guna untuk memastikan penyebabnya.

Krim topcort yang Anda maksud berisi Desoksimetason, dimana ini masih golongan kortikosteroid sama halnya dengan hidrokortison. Apabila pengobatan dari dokter tidak kunjung membaik atau semakin memburuk, sebaiknya Anda kembali follow up atau kontrol ulang.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar kulit gatal. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar