Sukses

Gatal Seluruh Badan, Kulit Kering dan Mudah Lelah

26 Oct 2020, 11:17 WIB
Wanita, 28 tahun.

saya mau nanya dok, d badan gatel bgt sampe lw d garuk itu keluat darah. semua bada . trs saya jg ngalamin mudah lelah& sering nguap trs. kaki jg sering berasa panas kaya kebakar sering kesemutn dok. terus kulit kaki nya mulai berubah wrna ke coklat gelap & bersisik & kaki pecah2. kira2 sakit apa ny dok

Terima kasih telah bertanya tentang keluhan badan terasa gatal menggunakan layanan Tanya Dokter Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sejak kapan Anda mengalami gatal-gatal pada tubuh? Apakah muncul bentol atau ruam-ruam merah? Untuk mengatasi kulit yang terasa gatal, harus diketahui terlebih dahulu penyebabnya. Apakah gatal kulit muncul terkait dengan konsumsi obat, makanan, debu, atau perubahan temperatur? Jika ya, maka gatal yang Anda alami terkait dengan alergi dan membutuhkan penanganan berupa anti alergi (misalnya antihistamin) dan penghindaran faktor pencetus alergi. Adakah gejala gatal terutama disela-sela jari, lipatan paha, ketiak, bawah payudara? Adakah anggota keluarga lain yang menderita gatal yang sama? Bila ya, maka kemungkinan Anda mengalami penyakit Scabies.

Secara umum, berikut adalah penanganan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gatal:

1. Menjaga kebersihan tubuh dengan mandi menggunakan sabun 2 kali sehari. Bila Anda memiliki masalah kulit kering, maka hindari penggunaan sabun antiseptik.

2. Kulit yang kering cenderung mengalami gatal. Oleh sebab itu, bila dibutuhkan gunakanlah pelembab seperti body lotion.

3. Menghindari faktor pencetus gatal (seperti yang telah kami sebutkan diatas)

4. Mengonsumsi obat antigatal seperti antihistamin (dapatkan dengan resep dokter), serta Anda dapat mengurangi gatal dengan menaburkan bedak berisi menthol/ asam salisilat dosis rendah,

Secara medis penyebab dari keluhan pada kaki dapat diakibatkan karena beberapa hal mulai dari kulit kaki yang kering, hingga infeksi parasit seperti jamur atau bakteri. Dalam menangani keluhan keluhan semacam ini diperlukan pemeriksaan UKK  (Ujud Kelainan Kulit) agar dokter dapat menentukan penyebab dari kelainan tersebut dan dapat memberikan pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

Seiring dengan pertambahan usia, memang terdapat beberapa perubahan pada struktur kulit seseorang, sehingga kulit akan cenderung lebih kering dan kurang elastis. Selain itu, berbagai bahan iritan akan lebih mudah mengiritasi kulit. Akumulasi dari pajanan bahan-bahan tersebut dalam waktu yang cukup lama pada akhirnya dapat menyebabkan kulit menebal, kering, bahkan retak menimbulkan luka.

Pada kondisi ini, kelembaban kulit menjadi satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk melindungi kulit dari kekeringan antara lain adalah:

  • menghindari penggunaan sabun antiseptik, terutama yang menghasilkan banyak busa,
  • hindari mandi menggunakan air panas,
  • hindari tindakan menggosok kulit (misal: sabun yang menggunakan dengan scrub, saat mengeringkan kulit menggunakan handuk)
  • gunakan losio yang mengandung pelembab. Semakin kering dan tebal kulit, maka konsentrasi pelembab yang dibutuhkan juga semakin besar.dsb
  • Mengamplas kulit yang kering untuk menipiskannya bukanlah suatu tindakan yang bijaksana. Alih-alih menipis, kulit tersebut justru akan menjadi semakin tebal dan kasar. Belum ditambah dengan risiko infeksi apabila timbul luka akibat penggunaan alat yang tidak terjamin kebersihannya.

Kami sarankan Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter kulit agar dilakukan wawancara yang lebih mendalam dan kelainan kulit Anda dapat diperiksa secara langsung.

Mudah mengantuk, bosan, lelah dan lesu, dan sering menguap dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah kekurangan oksigen di otak, anemia (kekurangan sel darah merah), penyakit kronis, kurang olahraga, hipoglikemia (kadar gula darah rendah), hipotensi (tekanan darah rendah), dan banyak lagi penyebab lainnya.

Asupan makanan yang kurang adekuat sehingga menyebabkan defisiensi atau kekurangan mineral tertentu untuk tubuh juga dapat menyebabkan gejala yang anda keluhkan.Selain porsi makanan, sebaiknya Anda juga memperhatikan kandungan gizi pada makanan. Kami sarankan agar Anda mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, dengan cara :

  • asupan nutrisi cukup, kaya akan zat besi dan folat sebagai sumber utama pembentukan sel darah merah
  • istirahat atau tidur teratur, 6-8 jam sehari
  • berolahraga 3-5x/hari, @30 menit
  • medical check-up 1 tahun sekali

Apabila keluhan Anda berlanjut dan semakin mengganggu, kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung ke dokter secara langsung untuk mencari penyebab dari keluhan yang Anda alami.

Demikian informasi yang dapat diberikan, 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar