Sukses

Perubahan Mood Setelah Keguguran

23 Oct 2020, 11:17 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat siang dok, saya baru saja mengalami keguguran,sekarang masih proses recovery. Tp saya akhir-akhir ini sering mengalami perubahan mood yg tidak stabil. Kadang saya emosi,marah,tapi tiba-tiba bisa langsung sedih atau bahkan ketawa. Kurang lebih seperti itu dok. Kira-kira kenapa ya? Apa wanita pasca keguguran bisa mengalami baby blues? Terima kasih sebelumnya dok

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Keguguran adalah hal yang pastinya membuat setiap pasangan menjadi sedih dan bisa menyebabkan penderitanya mengalami gangguan emosi. 

Jadi, perubahan mood yang Anda rasakan memang bisa terjadi akibat dari keguguran yang dialami. Perubahan mood ini sebaiknya segera ditangani agar tidak menyebabkan Anda menjadi depresi. Sebisa mungkin Anda harus meningkatkan komunikasi dengan pasangan agar tidak menyimpan perasaan sendiri dalam hati. Lalu, Anda harus mengekspresikan emosi yang dirasa, saling memahami perasaan masing-masing, dan juga mencari dukungan pada orang terdekat.

Jika perubahan mood yang dirasa semakin tidak terkendali, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan psikiatri agar dapat dilakukan evaluasi dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar