Sukses

Nyeri Punggung Bawah

23 Oct 2020, 11:07 WIB
Wanita, 30 tahun.

Halo Dok, saya punya pertanyaan mengenai keluhan Ibu saya.. Ibu saya umur 57 tahun, beliau mengeluh soal punggung bagian bawah yang sakit seperti tertusuk ketika bangun tidur. Saat banyak kegiatan/pekerjaan beliau tidak merasakan sakit tapi ketika tubuhnya pasif dan ketika bangun tidur pasti merasakan sakit yang seperti tertusuk di bagian punggung bawah. Beliau meminum obat asam urat dari Apotek (saya lupa apa saja nama obatnya), ketika minum obat tersebut rasa sakitnya hilang tapi klo reaksi obatnya hilang ya sakit lg. Saya hanya takut klo obatnya bikin kecanduan dan untuk periksa langsung ke dokter juga belum berani karena masa Pandemi seperti ini. Kira-kira dari cerita tersebut, Ibu saya sakit apa ya dok? Mohon bantuannya, terimakasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Pada dasarnya, nyeri punggung bawah dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti:

1. Aktivitas berlebihan yang menyebabkan ketegangan pada bagian punggung bawah atau aktivitas dengan posisi yang tidak tepat (misalnya: mengangkat benda berat secara tiba-tiba atau berulang, pajanan getaran pada daerah punggung untuk waktu yang cukup lama).

2. Trauma, kecelakaan atau patah tulang.

3. Gangguan pada tulang belakang (sebagai contoh: peregangan otot dan ligamen di sekitar tulang belakang yang terlalu berlebihan atau efek penuaan).

4. Infeksi.

5. Adanya pertumbuhan massa yang abnormal, sepeti tumor.

6. Obesitas (biasanya pada orang dengan berat badan berlebih dapat terjadi tekanan berlebihan pada tulang belakang).

7. Tonus otot yang kurang baik pada bagian punggung.

8. Tegangan atau spasme otot.

9. Terkilir atau terpelintir.

10. Robekan otot atau ligamen.

11. Masalah pada persendian tulang belakang.

12. Merokok.

13. Hernia nukleosus pulposus (HNP).

14. Penyakit lainnya seperti osteoarthritis, spondilitis, atau fraktur kompresi.

Oleh karena itu, dibutuhkan tambahan wawancara medis terkait dari nyeri yang dirasakan, pemeriksaan fisik secara langsung, dan juga mungkin pemeriksaan penunjang yang sesuai dalam memastikan diagnosis. Untuk penanganan di rumah, Ibu Anda bisa mengonsumsi obat anti nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen saat nyeri punggungnya timbul. Tapi, jika nyeri yang dirasakan tidak membaik dan mengganggu aktivitas, saya sarankan untuk memeriksakan ibu Anda ke dokter agar dapat dievaluasi lebih lanjut.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

1 Komentar

  • Rusly Avianto

    perlu alat kesehatan untuk perawatan isolasi mandiri keluarga, lansia, sakit menahun dan lainnya hubungi kami aruslyb@yahoo.com akan kami kirimkan catalognya gratis khusus untuk jawa barat