Sukses

Melakukan Rontgen Dada Saat Hamil

23 Oct 2020, 10:38 WIB
Wanita, 18 tahun.

Selamat Siang, Saat ini saya sedang mengandung, usia kehamilan 7 minggu. Saat usia kehamilan saya sekitar 2 - 3 minggu (jika dihitung flash back dari sekarang), dan saat itu saya belum tahu bahwa saya sedang mengandung, saya melakukan rontgen dada karena ada medical check up dari kantor. Saya cari informasi dari internet. Beberapa artikel ada yang melegakan saya dan beberapa ada yang membuat saya khawatir. Yang saya tanyakan: 1) Bagaimana sebenarnya pengaruh sinar rontgen tersebut terhadap perkembangan janin saya nantinya? 2) Apakah benar penyinaran rontgen tidak boleh dilakukan pada usia kehamilan berapapun? 3) Apakah nanti akan berpengaruh terhadap perkembangan anak saya jika sudah lahir? Terima Kasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Pemeriksaan X-Ray memang sebaiknya tidak dilakukan pada wanita yang sedang hamil. Hal ini terutama ditujukan pada 3 bulan pertama kehamilan karena trimester pertama adalah saat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan organ janin. Gangguan pada fase tersebut dapat menyebabkan kecacatan.

Baik dokter maupun ibu hamil tentunya mengkhawatirkan mengenai potensi pajanan radiasi yang dapat membahayakan janin yang dikandung. Dosis akumulasi radiasi ionisasi akumulasi yang dapat membahayakan janin berada pada angka 5 rad, dan jarang sekali ada pemeriksaan diagnostik yang dapat mencapai dosis ini.

Berdasarkan literatur buku Williams Obstetrics 20th ed., pada pemeriksaan rontgen dada seperti yang Anda lakukan, pajanan dosis radiasi terhadap janin berkisar 0,00007 rad, dalam artian butuh sekitar 70000 kali pemeriksaan rontgen dada untuk mencapai dosis 5 rad. Periode paling sensitif yang dapat menyebabkan gangguan sistim saraf pusat atau kecacatan berada pada minggu 10-17 kehamilan dimana pengembangan otak dan sistim saraf pusat sedang berlangsung.

Jadi jika hanya 1 kali rontgen tidak berbahaya bagi janin Anda. Namun, untuk memantau tumbuh kembang janin, sebaiknya lakukan pemeriksaan USG secara berkala, minimal 1x/semester kehamilan. Sebaiknya hal ini juga Anda komunikasikan dengan dokter yang menangani kehamilan Anda agar dilakukan evaluasi.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar