Sukses

Konsumsi Kafein Secara Berlebihan

23 Oct 2020, 10:24 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat pagi/siang/sore dok, Saya mau bertanya dok jadi BAB saya kurang lancar bisa 3-7 hari gak mengeluarkan jadi saya trigger dengan hal hal yang bikin bisa BAB, nah kebetulan trigger saya itu kopi, teh, susu atau yang kafeinnya tinggi jadi hampir tiap hari saya konsumsi salah satunya, apakah hal tersebut berbahaya dok kalau dilanjutkan ?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Kafein terdapat dalam kopi, teh, minuman bersoda, dan sebagainya. Kafein ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan daya ingat, menurunkan berat badan, mencegah depresi, dll. Tapi, manfaat baik tersebut bisa diperoleh apabila Anda mengonsumsi kafein dengan dosis yang tepat. Batas mengonsumsi kafein per hari adalah 400 mg atau sekitar 2 cangkir. Jadi, jika Anda mengonsumsi kafein lebih dari dosis yang disarankan, maka bisa berbahaya bagi tubuh.

Perlu Anda ketahui, ada cara lain untuk mengatasi sembelit, yaitu dengan memperbanyak asupan cairan per hari (minimal 8 gelas per hari), memperbanyak konsumsi sayur, buah, bisa mengonsumsi yoghurt, atau juga mengonsumsi agar-agar untuk memenuhi kebutuhan serat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar