Sukses

Efek Samping Vaksin HPV

21 Oct 2020, 17:02 WIB
Wanita, 41 tahun.

apakah efek samping imunisasi kanker serviks bagi anak umur 12 tahun yang belum menstruasi? apakah kedepannya akan menghambat menstruasi? terima kasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Vaksin HPV adalah jenis vaksin yang diberikan untuk mencegah terkena kanker serviks. Vaksin ini dianjurkan bagi mereka yang akan menikah, pernah ataupun akan melakukan kontak seksual secara aktif. Vaksin ini juga dianjurkan bagi mereka yang berisiko tinggi terkena infeksi HPV:

  • Pertama kali berhubungan seks pada usia sangat muda
  • Partner seksual yang berganti-ganti
  • Memiliki partner seksual yang suka berganti-ganti pasangan

Jika wanita tersebut telah terinfeksi virus HPV, vaksin ini tidak dapat mencegah terjadinya penyakit tersebut. Intinya adalah, vaksin ini sangat dianjurkan untuk semua wanita yang belum terinfeksi HPV. Dosis pemberian dibagi dalam 3 dosis: 0, 2 dan 6 bulan. 

Efek samping yang dapat ditimbulkan dari vaksin HPV tergolong ringan, yaitu nyeri sendi, nyeri otot, cepat lelah, atau bengkak dan kemerahan pada tempat suntikan. Jadi, jangan khawatir. Vaksin ini tidak akan mengganggu dan juga menghambat menstruasi anak Anda.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar