Sukses

Penyebab Gatal pada Kulit dan Batuk

21 Oct 2020, 19:11 WIB
Wanita, 14 tahun.

Kenapa ya dok..saya dagu nya suka gatal² dan batuk batuk, penyebab nya apa ya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah gatal pada dagu disertai dengan kemerahan atau ruam? Adakah sisik yang menyertai? Diperlukan informasi lebih jauh mengenai masalah kulit Anda seperti, ukuran, bentuk, luasnya, daerah sekitarnya. Masalah kulit memang paling baik didagnosis lewat pemeriksaan langsung.

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda, yang Anda alami dapat berupa alergi, jika memang terkait makanan maka perlu diperhatikan makanan yang dikonsumsi sebelum keluhan muncul. Namun, dapat alergi terhadap suatu bahan tertentu misalnya penggunaan sabun wajah, krim atau lainnya. Apabila keluhan yang Anda alami adalah gatal dengan efloresensi kulit yang membengkak, dapat juga hal ini merupakan sebuah urtikaria.

Atau, dapat juga karena infeksi misalnya oleh bakteri, virus, parasit atau jamur. 

Untuk memastikan diagnosis maka diperlukan pemeriksaan langsung dan juga mungkin pemeriksaan penunjang dengan pemeriksaan kerokan kulit untuk dilihat di bawah mikroskop atau tes uji alergi. Untuk itu, jika keluhan Anda sudah berlangsung cukup lama, dan tidak menunjukkan adanya perbaikan, maka Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit untuk penanganan dan evaluasi lebih lanjut.

Selain itu, yang kedua adalah penyebab batuk

Sejak kapan keluhan ini berlangsung? Apakah batuk terus menerus? Atau hanya di malam atau pagi hari? Apakah ada sesak, demam, keringat malam, batuk darah, nyeri dada? Apakah merokok? Apakah sedang menjalani pengobatan suatu penyakit tertentu? Sudahkah melakukan pemeriksaan dahak?

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang anda alami termasuk di dalam batuk kronis.

Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

  1. Alergi dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak
  2. AsmaInfeksi : Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infeksi sinusBronkitis radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru
  3. Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)
  4. GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung
  5. Penggunaan obat tertentuobat golongan ACE inhibitor
  6. Post Nasal Drip: ada cairan di belakang hidung.

Mengingat ketepatan diagnosa hanya dapat dilakukan dengan pemeriksaan fisik langsung disertai dengan beberapa pemeriksaan penunjang, kami sarankan untuk tetap mengunjungi Dokter Spesialis Penyakit Dalam atau Spesialis Paru untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar