Sukses

Telat Haid, Hamilkah?

21 Oct 2020, 16:48 WIB
Wanita, 27 tahun.

Selamat siang dok. Seharusnya saya menstruasi tgl 16 oktober saya sudah telat 5 hari. Akhir2 ini saya memang agk stress karena masalah ekonomi ditambah lagi menstruasi saya belum datang. Tapi tanda PMS sudah saya rasakan seperti kram perut bagian bawah. Saya takut saya positif dok, menurut artikel yang saya baca salah satu tanda hamil yaitu payudara menghitam, membesar area hitamnya, dan puntingnya juga membesar,tanda hamil selanjutnya kram perut sebelah kiri atau kanan. Dan alhamdulilah payudara saya tidak hitam dan normal seperti biasanya. Saya tidak hamilkan dok. Mohon di jawab dok

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Untuk mengetahui Anda hamil atau tidak karena telat haid, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan urin dengan menggunakan testpack terlebih dahulu. Karena gejala awal kehamilan dan gejala awal menstruasi memang bisa mirip, yaitu kram perut, nyeri payudara, dan sebagainya.

Apakah Anda sudah melakukan tes dengan testpack?

Jika belum, sebaiknya tes secara mandiri dulu di rumah. Untuk mengetahui lebih pasti, Anda bisa konsultasi langsung dengan dokter kandungan agar dapat dievaluasi langsung dengan pemeriksaan USG. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar