Sukses

Kentut Vagina atau Keluarnya Angin dari Vagina

19 Oct 2020, 08:35 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, kalau mengeluarkan kentut dari vagina itu masih perawan ngk dok?

Terima kasih telah bertanya seputar keluarnya angin melalui vagina melalui Tanya Dokter.

Keluarnya angin atau udara pada vagina adalah suatu hal yang normal dan wajar terjadi. Hal ini dapat terjadi ketika wanita melakukan hubungan intim, olahraga tertentu, ataupun pada posisi-posisi tertentu. 

Buang angin dari vagina juga dapat terjadi pada wanita dengan otot dasar panggul vagina yang melemah. Proses persalinan normal memang dapat menyebabkan otot dasar panggul vagina menjadi lemah atau kerap disebut secara awam dengan "kekendoran" vagina. Semakin banyak melahirkan anak melalui jalan lahir (vagina), maka semakin besar kemungkinan vagina berkurang kekencangannya. Hal tersebut merupakan proses alami. Apakah Anda sebelumnya sudah pernah melahirkan? Jika belum, maka tentunya hal ini bukanlah sebagai penyebab. Penuaan dan faktor genetik juga berperan dalam kondisi ini. Selain itu terdapat suatau kondisi yang menyebabkan masuknya udara ke vagina yaitu adanya lubang (fistula) antara vagina dengan anus. Pada wanita dengan otot dasar panggul yang melemah dapat melakukan senam Kegel sebagai latihan untuk memperkuat otot dasar panggul. Anda dapat mempraktekkan senam Kegel untuk mencaga kekencangan vagina.

Tapi apabila keluar angin dari vagina ini disertai dengan gejala seperti, adanya bau busuk seperti kentut, rasa nyeri, atau rasa tidak nyaman di panggul, maka harus dilakukan evaluasi lebih lanjut oleh dokter.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai keluarnya angin dari vagina, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar