Sukses

tiba-tiba bentol

16 Oct 2020, 00:17 WIB
Pria, 28 tahun.

Dok saya mau tanya, anak saya tiba2 bentol seluruh badan seperti alergi, padahal tidak makan yang aneh aneh ke apa ya dok

Terima kasih telah bertanya seputar tiba-tiba bentol melalui fitur Tanya Dokter.

Biduran atau urtikaria adalah reaksi pada kulit yang menyebabkan munculnya bentol berwarna merah. Awalnya bentol muncul pada satu bagian tubuh, kemudian menyebar. Bentuk dan ukuran bentol berbeda-beda.

Ruam pada biduran biasanya terasa sangat gatal, dan terkadang bisa juga terasa perih. Gejala biduran bisa berlangsung berjam-jam dan berangsur hilang dalam beberapa hari.

Biduran akut akan sembuh kurang dari enam minggu. Biduran akut adalah kondisi yang umum terjadi, terutama pada anak-anak dan wanita berusia 30-60 tahun serta mereka yang memiliki riwayat alergi.

Sedangkan biduran kronis bertahan lebih dari enam minggu atau bersifat kambuhan selama beberapa bulan –bahkan tahun. Biduran kronis bisa jadi merupakan gejala dari penyakit lain yang sedang diderita, seperti lupus atau penyakit tiroid.

Penderita biduran, baik yang akut maupun kronis, bisa mengalami angioderma. Angioderma adalah pembengkakan lapisan kulit yang lebih dalam. Umumnya, angioedema terjadi pada bagian kelopak mata, bibir, tangan, alat kelamin, dan kaki. Angioderma dapat diatasi dengan antihistamin dan penggunaan tablet kortikosteroid jangka pendek.

Jika keluhan tersebut sering kambuh pada anak, namun anda tidak mengetahui penyebabnya apa, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar dapat mengetahui penyebab dan terapi yang tepat.

Berikut artikel lain yang dapat anda baca.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar