Sukses

Bagaimana Cara Mengatasi Hipotensi?

14 Oct 2020, 20:25 WIB
Wanita, 18 tahun.

jadi saya tdi tensi dok ternyata katanya hipotesi cara menormalkan nya dalam dekat2 ini gimana ya

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya.

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Untuk menghindari informasi yang salah, izinkan saya menjelaskan sedikit mengenai hipertensi dan hipotensi. Hipertensi adalah keadaan dimana tekanan darah anda mencapai/melebihi 140 mmHg untuk sistolik, dan 90mmhg untuk diastolik (pre hipertensi). Sedangkan untuk hipotensi adalah keadaan dimana tekanan darah anda berada atau sama dengan 90 mmHg untuk sistolik, dan 60 mmHg untuk diastolik. Jadi apabila tekanan darah anda 80/50 bisa dikatakan hipotensi. 

Beberapa orang dengan tekanan darah 80/50 dapat beraktifitas normal tanpa gejala, namun ada juga yang mengalami gejala. Hipotensi yang tidak berat dapat ditangani dengan mengubah pola makan anda :

1. Perbanyak minum air putih setiap harinya. 1.5 L (minimal) - 2.5 L

2. Meningkatkan konsumsi garam ( 1.0 gr - 2.0 gr / hari)

3. Jangan makan sekaligus dalam porsi besar, karena dapat berisiko mengalami penurunan tekanan darah setalah makan ( post-prandial hypotension). Makanlah dalam porsi yang lebih kecil, namun frekuensi lebih sering.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar