Sukses

Kenapa Muncul Pityriasis Alba yang Berulang?

14 Oct 2020, 20:25 WIB
Pria, 25 tahun.

saya sudah menderita pityriasis alba selama setahunan, sudah ke dokter kulit dan sembuh tapi kenapa ya selalau muncul dan terus muncul lagi ya dok di area yg sama

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya.

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan. 

Sebelumnya perlu dipastikan terlebih dahulu apakah keputihan atau bercak putih pada kulit ini disebabkan oleh Pitiriasis Alba atau karena kelainan lain. Hipopigmentasi yang disertai dengan sisik-sisik halus dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu :

- hipopigmentasi pasca peradangan/luka di kulit

- pitiriasis versikolor atau dikenal dengan panu

- pitiriasis alba

- lepra

- vitiligo

Pitiriasis Alba merupakan kelainan kulit dengan bercak putih bersisik halus seukuran koin sampai plakat dengan bentuk bulat, oval dan tidak teratur. Paling banyak mengenai anak-anak umur 3-16 tahun, walaupun orang dewasa juga dapat terkena. Keluhan ini umumnya disebabkan oleh berbagai penyebab seperti infeksi, paparan matahari. Pengobatan biasanya menggunakan salep kortikosteroid topikal untuk mempercepat pengembalian warna kulit seperti semula, namun pemakaiannya harus dalam pengawasan dokter.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar