Sukses

ADHD pada Orang Dewasa

15 Oct 2020, 11:14 WIB
Wanita, 21 tahun.

jadi begini dok. umur saya 20 tahun dan saya sepertinya mengalami gejala hyperaktif, saya tidak terlalu yakin makanya saya mau menanyakan. 1. saya selalu datang terlambat sekeras apapun saya berusaha, karena fokus saya terhadap sesuatu memang sangat mudah dialihkan. setiap hari tidak ada kata tepat waktu bahkan saat saya bangun sangat pagi. 2. saya selalu kehilangan barang, seperti kunci, ponsel, buku. saya bahkan sering meninggalkan tas yang biasa saya bawa dan butuh waktu untuk saya menyadarinya 3. saya orang yang tidak bisa diam dan selalu mau ikut campur, duduk diam sepertinya tidak mencerminkan diri saya. 4. menurut orang sekitar, saya merupakan orang yang sangat impulsif juga 5. untuk istirahat saya juga kesusahan, tidur malah lebih sulit daripada begadang. kalau saya tidur cepat saya sering terbangun tengah malam walaupun kemudian saya akan tidur lagi. 6. saya mudah emosi, sedikit saja masalah dan omongan dari orang lain sanagt mudah memancing amarah saya. dengan memikirkan kembali perktaan kecil saja saya akan langsung marah-marah bahkan kepada orang tua saya. 7. saya juga orang yang sangat berantakan, saya selalu lupa dimana menaruh barang, pakaian di lemari saya berantakan begitupun dengan buku di rak buku saya, semuanya berantakan. 8. saya juga suka menunda pekerjaan, belum kepept belum di buat. contohnya seperti tugas kuliah, saya juga sering meninggalkan pekerjaan yang satu untuk hal lain. saat melipat pakaian saya akan berhenti di tengah jalan, saat mencici juga sama. saya beberapa kali baca di internet, beberapa gejalanya sama, tapi saya mau memastikan, gimana ya dokter. lalu apa yang harus saya lakukan dokter?

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan melalui Klikdokter.com 

 

Kami mengerti kekhawatiran Anda. ADHD pada orang dewasa merupakan gangguan jiwa yang merupakan kombinasi dari gejala-gejala berikut ini.

Kesulitan memfokuskan/konsentrasi diri pada suatu hal.

Hiperaktif.

Perilaku impulsif. 

 

Cara praktis untuk menangani ADHD pada orang dewasa, dapat dilakukan dengan berbagai cara sebagai berikut di antaranya:

Buat daftar tugas/target yang ingin dicapai setiap harinya. Berikan prioritas dan pastikan tidak terlalu banyak.Setiap tugas yang ingin dicapai kembali dipecah-pecah menjadi langkah-langkah yang lebih sederhana dan mudah. Gunakan checklist akan lebih memudahkan.Gunakan memo kecil atau notes sticker yang dapat Anda tempel di kulkas atau tempat lain untuk memudahkan orang dewasa dengan ADHD membaca pesan tersebut.Siapkan satu buku atau gunakan kalender elektronik untuk mencatat janji temu atau deadlineSelalu bawa agenda atau gadget agar orang dengan ADHD dapat mencatat ide atau hal-hal yang perlu diingat.Selalu biasakan untuk mengatur dokumen dan informasi agar lebih mudah dicari. Ini akan membuat orang dengan ADHD Anda tidak panik dan tidak cemas. 

Di samping hal-hal itu, selalu simpan hal-hal penting, seperti kunci, dompet, dan kacamata di tempat yang sama. Jangan sungkan pula untuk minta bantuan kepada keluarga terdekat atau sahabat bila diperlukan. 

Apabila Anda merasa beberapa cara di atas sudah dilakukan, saran saya segera konsultasi lanjut ke psikolog atau psikiatri agar penanganan optimal.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar