Sukses

Mengurangi Gejala Neuropati Perifer

14 Oct 2020, 21:36 WIB
Wanita, 53 tahun.

Obat apa yang dapat mengurangi rasa kesemutan diarea kaki sampai pantat pada penderita neuropati perifer dok?

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dotker.

Vitamin neurotropik dinilai dapat membantu meringankan gejala neuropati. Vitamin neurotropik adalah golongan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan sistem saraf, dan biasanya mengandung kombinasi berbagai vitamin. Kelompok vitamin ini terdiri dari B1, B6, dan B12.

Berikut ini merupakan manfaat vitamin neurotropik bagi sistem saraf

- Vitamin B1

Vitamin B1 berperan dalam proses pengubahan sel menjadi karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi. Energi yang dihasilkan tersebut akan digunakan untuk menjalankan aktivitas sel pada tubuh, terutama pada sistem saraf dan sel-sel otak.

Kekurangan vitamin neurotropik ini dapat menimbulkan tubuh lesu, kesemutan, rasa tertusuk atau terbakar pada lengan dan kaki, dan kemampuan refleks berkurang.

Kebutuhan vitamin ini dapat terpenuhi dengan mengonsumsi kacang-kacangan, beras, sayur-sayuran, dan daging sapi. Selain itu, pengoptimalan asupan vitamin B1 harian dapat dilakukan dengan mengonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung vitamin ini.

- Vitamin B6

Vitamin B6 membantu dalam proses pembentukan neurotransmitter yang berfungsi membawa, mempercepat, dan menyeimbangkan pengiriman sinyal antara beberapa sel saraf atau dari sel saraf menuju jaringan tubuh. Selain itu, vitamin B6 juga berperan dalam pembentukan myelin.

Apabila mengalami kerusakan saraf akibat kekurangan vitamin B6, gejala yang dapat muncul, di antaranya kebas, kesemutan, dan gangguan keseimbangan.

Kondisi ini bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin B6, seperti salmon, tuna, daging merah, kacang-kacangan, dan pisang atau dengan suplemen.

- Vitamin B12

Vitamin B12 memiliki banyak fungsi bagi tubuh, diantaranya membantu produksi sel darah merah, menjaga fungsi sistem saraf, dan membentuk DNA. Selain itu, vitamin ini diperlukan dalam pembentukan asam lemak dan energi.

Kekurangan vitamin B12 dapat menimbulkan rasa kebas serta kesemutan, terutama pada tangan dan kaki. Jika terus berlanjut, kondisi ini dapat memicu kerusakan permanen pada sel otak serta sistem saraf.

Kebutuhan vitamin B12 dapat diperoleh dari suplemen vitamin dan beberapa makanan lain, seperti ikan, daging merah, daging ayam, telur, serta susu.

Demikian, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar