Sukses

Menu Diet Untuk Penderita GERD

14 Oct 2020, 21:36 WIB
Wanita, 44 tahun.

Dok, sya mau menanyakan tentang menu utk penderita gerd, untuk ibu saya usia nya 81.

Salah satu cara ampuh agar GERD tidak muncul adalah dengan memilih makanan yang baik untuk kelangsungan lambung. Selain itu, Anda bisa menjaga agar GERD tidak timbul dengan mengindari:

Alkohol

Kafein

Minuman bersoda

Cokelat

Buah jeruk dan jus

Tomat dan makanan berbahan dasar tomat

Bawang putih

Peppermint

Bawang

Makanan pedas

Makanan berlemak

Gorengan

Makanan berlemak, cokelat, peppermint, dan alkohol dianggap memperburuk gejala GERD dengan merelaksasi sfingter esofagus bawah (lower esophageal sphincter atau LES), yaitu cincin otot yang memisahkan perut dari esofagus. Selain itu, alasan penderita GERD harus menghindari cokelat adalah karena kadar lemak yang tinggi serta kafein.

Untuk para penderita GERD, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan mengubah perilaku makan. Berikut tipsnya:

- Makan sedikit tapi sering

Mengonsumsi lebih sedikit makanan tapi intensitasnya lebih sering dapat mengurangi tekanan di perut. Tekanan perut yang lebih tinggi dapat menyebabkan LES Anda relaks, memungkinkan isi perut Anda mengalir ke esofagus Anda.

Ganti pola makan Anda yang biasanya 3 kali sehari dengan frekuensi makan yang lebih sering, tapi dengan porsi yang lebih kecil. Porsi makan besar dapat membuat otot esofagus kewalahan, sehingga menyebabkan terjadinya refluks.

- Jangan langsung berbaring setelah makan

Memosisikan badan dengan tegak selama 2-3 jam setelah makan, akan mengurangi risiko terjadinya refluks. Ketika Anda berdiri atau duduk tegak, gravitasi akan membantu menjaga isi perut Anda tidak mengalir ke atas. Ketika Anda berbaring setelah makan, ini dengan mudahnya bisa membuat isi  perut naik ke esofagus.

- Jangan ngemil kecuali Anda benar-benar lapar

Ketika perut kenyang, makan lebih banyak bisa meningkatkan tekanan perut. Oleh karena itu, jangan sampai tergoda untuk ngemil saat perut masih kenyang.

- Makanlah untuk menjaga berat badan yang sehat

Tidak makan berlebihan dan berhenti sebelum kenyang dapat menghilangkan sumber tekanan di dalam perut Anda.

- Minum di antara makan, bukan bersama makanan

Cara minum ini dapat mencegah terjadinya kembung –yang sering memicu terjadinya refluks asam lambung karena lambung terlalu banyak terisi air.

Demikian, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar