Sukses

Cara Meningkatakan Kualitas Sperma

14 Oct 2020, 21:05 WIB
Pria, 28 tahun.

Dok, bagaimana cara mnghasilkan sperma yg baik. Tips makanan apa yg harus dikonsumsi atau makanan yg baiknya di hindari. Trimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter.

Berbicara tentang kualitas sperma yang baik, para ahli mengatakan bahwa hal tersebut ditentukan oleh jumlah, pergerakan, dan bentuk sperma itu sendiri.

- Jumlah. Seorang pria dianggap memiliki kualitas sperma yang baik bila berjumlah setidaknya 15 juta per mililiter setiap kali ejakulasi.

- Pergerakan. Sperma yang berkualitas mampu “berenang” dengan baik di saluran reproduksi wanita (motilitas). Setidaknya, 40% dari jumlah sperma harus mampu bergerak dengan gerakan yang cepat dan lurus.

- Bentuk. Sperma yang berkualitas baik memiliki bentuk kepala lonjong dan ekor yang panjang.

Para peneliti menemukan bahwa diet sehat secara konstan dapat membantu meningkatkan kualitas sperma pria. Adapun beberapa makanan yang perlu dikonsumsi agar Anda memenuhi standar diet sehat yang dimaksud, yaitu:

1. Kacang-kacangan 

Diketahui bahwa pria yang mengonsumsi sekitar dua genggam campuran kacang kenari, almond, dan hazelnut setiap hari selama 14 minggu memiliki jumlah, pergerakan, dan bentuk sperma yang lebih baik.

Peneliti berpendapat bahwa ketiga jenis kacang-kacangan tersebut merupakan sumber asam lemak omega-3, antioksidan, dan vitamin B yang baik sehingga mampu meningkatkan kualitas sperma secara signifikan.

2. Bayam

Kadar folat yang rendah di dalam tubuh dikaitkan dengan rusaknya DNA sperma, kepadatan sperma yang lebih rendah, dan jumlah sperma lebih rendah. Guna menghindari hal tersebut, Anda perlu mengonsumsi bayam karena mengandung sejumlah besar asam folat.

Selain bayam, Anda juga bisa menemukan folat dari sayuran berdaun hijau lainnya, seperti selada, kubis, dan asparagus. Dengan mengonsumsi sayuran tersebut secara rutin dan teratur, kadar folat di dalam tubuh Anda akan optimal sehingga kualitas sperma juga menjadi lebih baik.

3. Telur

Telur memiliki kandungan tinggi vitamin E dan protein, yang dapat melindungi sperma dari dampak buruk radikal bebas. Si lonjong berkulit cokelat ini juga mengandung sejumlah zat gizi lain yang berperan dalam menghasilkan sperma yang kuat, sehat, dan memiliki pergerakan yang baik.

Selain dari telur, vitamin E juga bisa Anda temukan pada minyak jagung, minyak kedelai, dan biji-bijian.

4. Pisang

Enzim bromelin adalah senyawa antiradang yang ada pada pisang. Senyawa ini merupakan antiradang alami, yang mampu meningkatkan jumlah dan pergerakan sperma.

Tak hanya itu, kandungan vitamin A, B1, dan C pada pisang juga akan membantu testis menghasilkan sperma yang sehat. Secara spesifik, vitamin C pada pisang juga dapat meningkatkan motilitas, jumlah, dan morfologi sperma.

Selain dari pisang, Anda bisa mendapatkan kebaikan tersebut dengan mengonsumsi buah jeruk, paprika kiwi, stroberi dan blewah. 

5. Semangka

Semangka mengandung antioksidan yang disebut dengan likopen. Senyawa ini terbukti mampu menangkal dampak buruk radikal bebas pada tubuh, termasuk pada sperma.

Makan satu potong semangka per hari dapat meningkatkan jumlah sperma yang sehat hingga 37,5%.

6. Bawang PutihBawang putih mengandung vitamin B dan selenium. Rempah yang sering diolah bersama bahan makanan ini memiliki kemampuan untuk mengembalikan fungsi pembuluh darah, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh termasuk ke penis dan testis menjadi lebih lancar.

Demikian, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar