Sukses

Bentol Bernanah pada Lutut

14 Oct 2020, 01:32 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat pagi dok, dok saya mau tanya 3 hari yang lalu kaki saya gatel tepatnya di bagian lutut trus saya garuk jadi bentol merah dan sekarang malah bengkak bernanah dok . Kira-kira kenapa ya dok. Mohon informasi nya terimakasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

Bentol bernanah/ bisul memang kondisi yang sering ditemukan. Tidak jarang, terasa nyeri saat disentuh. Penyebab bisul yang paling sering adalah bakteri Staphylococcus aureus. Dan bagian tubuh yang paling sering terkena serangan adalah bagian yang memiliki folikel rambut dan kelenjar minyak. Misalnya: wajah, kepala, dan ketiak, dan tidak menutup kemungkinan juga di lutut.

Pada umumnya, bisul yang berukuran kecil dapat ditangani sendiri di rumah dan jarang memerlukan penanganan oleh dokter. Jika bisul Anda termasuk kecil, berikut beberapa cara ampuh untuk membantu mempercepat penyembuhan bisul:

Jangan memaksa bisul untuk pecah, baik dengan jari atau alat bantu lainnya. Tindakan tersebut malah berpotensi menimbulkan infeksi baru di kulit Anda.

Jaga kebersihan bisul dengan baik. Rajinlah mencuci muka, khususnya jika Anda lebih sering melakukan aktivitas di luar ruangan.

Kompres dengan air hangat selama 20–30 menit, 3 atau 4 kali sehari. Lakukan ini segera setelah Anda melihat adanya bisul. Kompres dapat membantu mengurangi radang.

Untuk mencegah infeksi menyebar, jangan berbagi handuk dan lap dengan orang lain.

Jika Anda memiliki bisul yang besar atau sekelompok bisul, kunjungi dokter untuk penanganan yang lebih optimal. Hanya dokter yang dapat menangani bisul tipe ini dengan aman. Selain itu, bisul yang besar dapat menjadi lembut dan sulit pecah dengan sendirinya.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik untuk membantu membersihkan infeksi. 

Baca juga:

Penyakit Bisul

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun.

Semoga Ibu sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar