Sukses

Seputar Obat Anti Diabetes

12 Oct 2020, 21:55 WIB
Pria, 26 tahun.

Dokter, saya mau minta saran, dalam kasus Ibu saya adalah penderita diabetes yang selama ini mengkonsumsi janumet 50/500 mg (2x sehari). Di beberapa bulan terakhir gula puasa di range 170-200 sehingga diubah medikasi nya menggunakan diamicron 60mg (1tab) dan glucophage xr 750 mg (2 tab). Kondisi nya sudah membaik sih, gula puasa 100-130. Pertanyaannya adalah apakah metformin xr aman dikonsumsi, dalam kasus ada request voluntary recall untuk xr 500-750 mg. Pertanyaan kedua adalah apakah 750mg di minum 2 tab itu salah satu alternatif yang lazim ya? Terima kasih

Terima kasih sudah telah mengguankan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Obat glucophage beriisi metformin lepas lambat yang tersedia dengan dosis 500mg, 750mg, dan 1000mg. Dosis awal bisa dimulai 500mg dan bisa dinaikkan apabila gula darah tetap tinggi atau tidak ada perubahan. Obat ini umumnya terbagi 3 dosis atau 3 kali sehari (maksimal 2000mg).

Setiap obat anti-diabetes memiliki efek samping hipoglikemi atau membuat kadar gula darah tubuh rendah. Selain itu, ada beberapa efek samping yang mungkin muncul dari penggunaan obat glucophage, seperti :

  • Gangguan pada sistem pernafasan
  • Detak jantung tidak teratur
  • Nyeri pada otot
  • Gangguan pada pencernaan
  • Warna kulit menjadi kemerahan
  • Merasa lelah

Efek samping setiap orang bisa berbeda-beda, ada yang merasakannya ada yang tidak. Apabila memang merasakan lemas, pusing, berkunang-kunang, atau keluhan lainnya setelah mengkonsumsi obat tsb sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam kembali untuk evaluasi dosis atau pergantian golongan obat.

Demikian informasi yang dapat disampaikan.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar