Sukses

Menghilangkan Bulu Permanen

12 Oct 2020, 15:43 WIB
Wanita, 20 tahun.

Maaf dok, mau bertanya. Saya merasa kurang percaya diri dengan rambut yg tumbuh di tangan dan kaki. Saya sudah mencoba beberapa cara, tapi rambut malah tumbuh semakin banyak dan panjang. Lalu apa yg harus saya lakukan agar rambut ini bisa hilang secara permanen? Apa ada produk yang bisa benar benar menghilangkan rambut secara permanen?

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya tentang menghilangkan bulu melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. 

Pada dasarnya, menghilangkan bulu secara permanen tidak dianjurkan karena bulu-bulu pada tubuh diperlukan untuk menjaga kulit dari zat-zat yang menimbulkan iritasi. Bulu merupakan salah satu bentuk pertahanan tubuh dari zat-zat yang merugikan.

Namun demikian, masalah estetika muncul bila bulu terlalu lebat, terlebih pada wanita. Ini dikarenakan hormon testosteron yang berperan dalam tumbuhnya bulu pada sebagian wanita lebih tinggi daripada wanita pada umumnya. 

Mencukur rambut tersebut merupakan metode menghilangkan bulu yang paling sederhana, bersahabat dan terjangkau. Namun, tentu saja, rambut akan tumbuh lagi kemudian. Cara lain menghilangkan rambut/bulu adalah dengan waxing atau IPL.

Jika memang ingin menghilangkan secara lebih permanen, dapat dicoba dengan penanganan menggunakan Intense Pulse Light (IPL). Prosedur dilakukan dengan memancarkan sinar pada daerah yang berambut, yang pada akhirnya akan merusak folikel rambut.

Penggunaan IPL dapat menahan pertumbuhan rambut baru selama beberapa waktu lebih lama dibandingkan dengan pencukuran maupun waxing. Meski demikian, rambut yang akan tumbuh umumnya menjadi lebih halus dan lebih pucat. Bahkan pada beberapa orang, rambut tersebut dapat menghilang 100% (tidak tumbuh kembali).

Prosedur ini terbilang cukup aman jika dilakukan oleh tenaga medis yang terlatih. Akan tetapi, prosedur yang tidak tepat dan tidak sesuai indikasi dapat menyebabkan luka bakar dan perubahan warna kulit yang akan bertahan selama beberapa bulan. Penanganan ini dapat diperoleh dengan mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin atau dokter ahli kecantikan yang terlatih.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar menghilangkan bulu. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar