Sukses

Seputar Gangguan Penciuman

10 Oct 2020, 17:17 WIB
Pria, 22 tahun.

Boleh bertanya dok, kenapa saat-saat ini penciuman hidung saya menghilang. Kemungkinan sekitar 10% saja lagi jika mencium aroma bau, dan saya seorang perokok aktif. Adakah kemungkinan dari faktor rokok atau ada terkaitnya covid-19? Terima kasih dok.

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan melalui Klikdokter.com 

 

Gangguan penciuman disebabkan oleh 3 kelompok lokasi kerusakan:

Gangguan penghidu karena kelainan transport zat menuju reseptor penciuman, terjadi pada penderita rinitis alergi,  rinitis bakterial, sinusitis, encenphalocele¸polip, septum deviasi, infeksi virus dan pembedahan.Gangguan penghidu karena rusaknya reseptor penghidu, terjadi karena obat-obatan, terapi radiasi (pada kasus tumor), paparan zat beracun, infeksi virus.Gangguan penghidu karena rusaknya jaras saraf hingga ke otak, terjadi karena adanya riwayat trauma kepala, Parkinson disease, kelainan congenital (Kallmann syndrome), malnutrisi, kekurangan vitamin B12 dan Zinc, rokok, hipotiroid, Cushing syndrome, diabetes mellitus, Alzheimer disease, dll.  

Gangguan penciuman saat ini memang menjadi salah satu gejala Covid - 19, apakah saat ini masih menjadi masalah? Anda sedang mengalami gejala pilek atau batuk?

Jika tidak ada pilek dan batuk namun mengalami gangguan penciuman, kami sarankan Anda untuk segera ke dokter THT untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

 

0 Komentar

Belum ada komentar