Sukses

Memilih Obat Antipiretik

09 Oct 2020, 17:54 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok, bagaimana cara menentukan/memilih obat antipiretik terbaik untuk diminum? apakah harus melihat kandungan obat dulu dok?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Obat antipiretik biasanya digunakan untuk mengatasi demam dan juga gejala penyertanya, seperti nyeri otot dan nyeri kepala. 

Ada beberapa macam obat antipiretik, yaitu paracetamol, ibuprofen, dan Asam Asetil Salisilat (AAS) atau biasa dipanggil Aspirin. 

Paracetamol adalah obat yang paling sering digunakan dan sangat disarankan oleh WHO untuk mengatasi demam. Memiliki reaksi yang paling lambat dibandingkan dengan obat penurun panas lainnya tapi terbukti paling aman.

Selanjutnya, ibuprofen yang memiliki kemampuan lebih dari parasetamol. Obat ini bersifat asam dan mudah mengiritasi lambung. Oleh karena itu, jika Anda memiliki riwayat penyakit lambung, sebaiknya hindari obat ini.

Asam Asetil Salisilat (AAS) atau Aspirin sangat tidak dianjurkan oleh anak-anak karena sifat asamnya yang sangat tinggi. Beberapa penyakit juga tidak boleh diberikan AAS, seperti DBD yang bisa menimbulkan pendarahan lebih parah. Banyak juga penderita yang mengalami luka pada lambung akibat zat asam pada AAS. AAS sudah lama ditinggalkan karena dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa AAS mempunyai efek samping seperti sindroma Reye, penyakit yang mengganggu hati, darah dan otak anak.

Untuk mengatasi demam atau nyeri, obat antipiretik yang paling aman adalah paracetamol atau ibuprofen. Obat-obat tersebut dijual bebas di apotek. Pastikan Anda menggunakannya sesuai dosis yang ditentukan.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar