Sukses

Makanan yang Dihindari Agar Tidak Berjerawat

09 Oct 2020, 16:48 WIB
Wanita, 17 tahun.

dok mau tanya nih saya kan berjerawat sejak smp udah pakai seagala macam krim masker dll tapi tetap aja masih jerawatan atau kemungkinan keturunan dari ortu dan saat ini sya memakai krim dari dokter lumayan sih udah nggak tumbuh jerawatnya makanan yang harus saya hindari apa aja ya trs ngilangin bekasnya gimana?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Jerawat timbul karena adanya beberapa faktor, yaitu produksi sebum (minyak) berlebih, sumbatan folikel rambut, infeksi bakteri, dan hormonal. Nah, faktor risiko yang memicu faktor ini juga cukup banyak, seperti masa pubertas, keturunan, kurangnya kebersihan, stress, penggunaan kosmetik, konsumsi obat-obatan tertentu, makanan, minuman, ataupun merokok.

Makanan juga berisiko menimbulkan jerawat. Oleh karena itu orang yang berjerawat menghindari makanan seperti gorengan, makanan tinggi karbohidrat, makanan atau minuman manis, makanan cepat saji, dan dairy food. Karena, makanan tersebut dapat memicu produksi sebum berlebih di wajah yang berisiko membuat timbulnya jerawat.

Kami sarankan Anda untuk konsultasi ke Dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan kebersihan wajah.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar