Sukses

Bagian Luar Vagina Perih dan Bengkak saat Haid

09 Oct 2020, 10:29 WIB
Wanita, 18 tahun.

Permisi dok saya mau tanya, sekarang saya sedang haid namun saya mendapatkan ketidaknyamanan di bagian vagina luar saya, rasanya gatal panas, perih dan seperti ada luka sedikit dan juga sedikit bengkak. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Terimakasih dok

Terima kasih telah bertanya seputar bibir vagina perih dan luka saat haid melalui Tanya Dokter.

Berdasarkan keluhan yang Anda ceritakan, kami curigai Anda mengalami reaksi alergi atau iritasi terhadap pembalut yang Anda pakai. Karena ada alergi maka timbul reaksi gatal dan daerah sekitar kemaluan tersebut menjadi bengkak. Segeralah ganti pembalut Anda dengan merk lain. Kemudian apabila sudah selesai haid, jangan membiasakan diri menggunakan pantyliners. Hindari pula membersihkan daerah sensitif Anda dengan menggunakan vaginal wash karena dapat memicu reaksi alergi.

Sayang sekali kami tidak dapat memberikan nama obat yang dapat Anda konsumsi di layanan ini. Akan tetapi, apabila rasa gatalnya mengganggu, Anda dapat mengkonsumsi obat anti histamine oral atau obat anti alergi lainnya. Apabila hal tersebut tidak juga menolong, segeralah ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk dievaluasi lebih lanjut.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar