Sukses

Benjolan di Ketiak

08 Oct 2020, 16:13 WIB
Wanita, 15 tahun.

bagaimana jika benjolan diketiak tidak berupa benjolan bernanah

Halo

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Benjolan di ketiak bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti pembesaran kelenjar getah bening (limfadenitis), infeksi akar rambut (folikulitis), dan sebagainya.

Penyebab tersering timbulnya benjolan di daerah ketiak adalah akibat adanya pembesaran kelenjar getah bening (KGB). Pembesaran KGB ini dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah limfadenopati. KGB sendiri adalah salah satu komponen pertahanan tubuh, yang akan membesar bila ada serangan kuman dari luar, misalnya akibat adanya proses infeksi dari organ-organ disekitarnya ataupun adanya infeksi sistemik dalam tubuh. Kebanyakan pembesaran kelenjar getah bening tidak berbahaya (jinak) dan hanya sebagian kecil pembesaran yang tidak dapat dijelaskan sebabnya merupakan keganasan (kanker). Pembesaran kelenjar getah bening ini dapat berbahaya bila dikuti dengan tanda-tanda keganasan seperti berat badan turun, benjolan bertambah besar dengan cepat, penyebaran kanker dari tempat lain, umur lebih dari 50 tahun dan adanya riwayat keganasan dalam keluarga.

Seringpula, benjolan bernanah dapat berupa hidraadenitis supurativa. Yaitu kondisi benjolan bernanah yang berukuran dari sebesar kacang hingga sebesar bola kasti, nyeri dan dapat terjadi menahun. Seringkali mengenai daerah seperti ketiak, payudara, lipat paha, lipat pantat di mana banyak terdapat kelenjar keringat apokrin dan kelenjar sebasea. Hidradenitis suppurativa cenderung muncul setelah masa puber, dalam jangka waktu yang lama hingga tahunan dan semakin lama semakin memburuk. Beberapa faktor yang memicu timbulnya kondisi ini adalah hormon, genetik, rokok, dan berat badan berlebih. Wanita berusia muda pun lebih mudah terkena kondisi ini.

Untuk memastikan penyebab timbulnya benjolan pada ketiak Anda, kami menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter secara langsung, guna dilakukan wawancara medis yang mendetil, pemeriksaan fisis secara langsung, dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan untuk menentukan diagnosis dan penanganan yang sesuai bagi Anda.

 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar