Sukses

Nyeri Pada Telinga Kanan

26 Sep 2020, 14:55 WIB
Wanita, 35 tahun.

Selamat pagi dokter, sudah hampir satu minggu saya merasakan telinga kanan saya tiba-tiba sakit seperti ditusuk tapi tidak terus menerus hanya sesekali. Dalam satu hari bisa 2-5 kali terasa. Sebelumnya beberapa bulan lalu juga saya pernah merasakan hal yang sama tapi dalam 2 hari hilang dengan sendirinya. Keluhannya hanya itu dok, tidak ada telinga berdengung atau keluar cairan. Hanya rasa seperti ditusuk yang tiba-tiba. Sebelumnya memang saya punya kebiasaan membersihkan telinga menggunakan cotton Bud setidaknya satu minggu sekali. Apa yang harus saya lakukan dok? Untuk memeriksakan diri ke dokter saya belum berani di masa pandemi ini. Terimakasih sebelumnya.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu,

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Perlu Anda ketahui, telinga terbagi atas tiga bagian, yaitu telinga luar, tengah, dan dalam. Nyeri pada telinga berarti adanya gangguan pada salah satu bagian tersebut yang bisa disebabkan karena infeksi,  trauma terhadap telinga, atau sumbatan pada saluran tuba. 

Apabila Anda sedang mengalami batuk dan influenza, atau gangguan pada saluran pernapasan Anda, telinga Anda juga dapat terasa nyeri. Agar dapat menegakkan diagnosis, kami menyarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis THT untuk dilakukan pemeriksaan fisik langsung terhadap bagian-bagian telinga Anda menggunakan alat khusus di telinga. Pengobatan akan disesuaikan dengan penyebab diagnosis Anda.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda lekas membaik.

1 Komentar

  • Mulyonoedy Saputro

    Dengan Hormat, Saya mengalami nyeri kedua telinga saya ,bergantian lain waktu kadang bersamaan.Keduanya nyeri,berdengung dan berbunyi( ada suara ),bermcam suara tak beraturan hingga bila suara itu mengingatkan sesuatu pada saya dan membuat saya jengkel dan marah,sangat. Bagaimana Dok penangananya atau penyebuhannya dan sebab utama pda telinga saya ini Demikian terimakasih